BAB IV
HASIL-HASIL
PENELITIAN
A. Gambaran
Umum Lokasi Penelitian
1. Profil MTsN Kembang Tanjong
MTsN
Kembang Tanjong didirikan dilokasi seluas 5213,00 M2 pada tahun 1978
dengan Nomor Statistik Madrasah 211110718006 dengan status Negeri yang terletak
di desa Tanjong tepatnya di Jalan Lapangan Bola Kaki, dengan jarak 12 km dari
Kabupaten Pidie Propinsi Aceh, dan 500 M dari Kecamatan Kembang Tanjong.[1]
MTsN ini pada awal pendiriannya tahun 1964 berstatus swasta, kemudian pada
tahun 1968 MTsN ini berubah statusnya menjadi Negeri. MTsN Kembang Tanjong
statusnya telah terakrediatasi dengan nilai akreditasinya A. MTsN Kembang
Tanjong mempunyai batasan- batasan sebagai berikut:
-
Sebelah
Utara berbatasan dengan Jalan Lapangan Bola
-
Sebelah
Selatan berbatasan dengan Kebun Hj. Halimah.
-
Sebelah
Timur berbatasan dengan lapangan Bola Kaki Kembang Tanjong
-
Sebelah
Barat berbatasan dengan Kebun M. Husen Minaco.
MTsN
Kembang Tanjong semenjak berdiri sampai sekarang pernah dijabat/ dipimpin oleh
Bapak Mahmud Amin (1964-1982), Bapak Drs. M. Gade Johan (1983-1988), Bapak Drs.
Ishak Syamaun (1989-1991), Bapak Drs. Ramli (1992-1998), Bapak Anwar Ahmad
(1999-2000), Bapak M.Yusuf Sabil (2001-2003), Bapak Makruf Zaman (2004-2005),
Bapak Drs. Usman (2005-2006), Bapak Mustafa, S.Ag (2006-2011), Bapak Muslim,
S.Ag (2011-20013), dan Bapak Saiful Anwar, S.Ag, MM (2013 sampai sekarang).[2]
2. Keadaan Siswa
Siswa MTsN Kembang Tanjong pada tahun ajaran 2016/2017
adalah berjumlah 552 siswa dengan perincian 206 laki – laki dan 346 perempuan.
Kesemua siswa tersebut dialokasikan dalam 18 ruang kelas.
Untuk Lebih jelasnya tentang keadaan siswa di MTsN Kembang Tanjong dapat
diperhatikan berikut ini:
Tabel 4.1. Keadaan Siswa MTsN Kembang Tanjong Tahun Ajaran 2016/2017
No
|
Kelas
|
Laki- laki
|
Perempuan
|
Rombongan Belajar
|
Jumlah
|
1.
2.
3.
|
Kelas I
Kelas II
Kelas III
|
75
70
61
|
109
121
116
|
6 Ruang
6 Ruang
6 Ruang
|
184
191
177
|
|
Total
|
206
|
346
|
18 Ruang
|
552
|
Data: dokumentasi MTsN Kembang Tanjong, tahun 2016/2017
Menurut tabel di atas menunjukkan jumlah siswa
pada MTsN Kembang Tanjong adalah 552 orang, yang terdiri dari laki-laki 206
orang dan perempuan berjumlah 346 orang, untuk kelas I berjumlah 184 orang yang
terdiri dari laki-laki 75 orang dan perempuan 109 orang, kelas II berjumlah 191
orang yang terdiri dari laki-laki 70 orang dan perempuan 121 orang, dan kelas
III berjumlah 177 yang terdiri dari laki-laki 61 orang dan perempuan 116 orang.
Berdasarkan uraian dari tabel di atas menunjukkan bahwa
adanya peningkatan jumlah siswa dalam memilih pendidikan di sekolah agama dari
tahun ke tahun khususnya di madrasah-madrasah di sekitar mereka khususnya di
MTsN Kembang Tanjong yang tahun ajaran 2016/2017 jumlah seluruh siswa adalah
552 orang.
3. Keadaan Guru
Guru
merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam mencapai
hasil dan minat belajar siswa terhadap suatu pelajaran, bahkan guru sering
dikatakan orang yang menentukan keberhasilan dan penyemangat siswa dalam segala
hal terutama dalam belajar.
Ungkapan itu tidak berlebihan jika diperhatikan tugas
guru dalam proses belajar mengajar. Mengajar adalah kegiatan guru membimbing,
mendorong dan menyerahkan kebudayaan berupa pengalaman, pengetahuan dan kecakapan kepada anak didik mencapai
kedewasaan jasmani dan rohani semaksimal mungkin. Mengajar bukan hanya saja
mentranfer ilmu pengetahuan, tapi sekaligus mengembangkan kepribadian anak
didik.
Adapun jumlah guru pada MTsN Kembang Tanjong pada tahun
2016/2017 adalah sebanyak 49 orang dengan status pegawai negeri sipil sebanyak
38 orang (termasuk kepala madrasah), dan non pegawai negeri sipil sebanyak 11
orang.[3] Dan selanjutnya guru yang mengasuh mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits sebanyak dua orang dengan status guru tetap atau pegawai negeri sipil.
Keadaan guru dan tenaga administrasi pada MTsN Kembang
Tanjong sudah memadai, akan tetapi pada dasarnya masih mengalami kekurangan
tenaga guru maupun tenaga administrasi untuk suatu sistem pembelajaran yang
ideal. Mengingat dijajaran Kementerian Agama sangat terbatas jumlah guru yang
ada maka untuk Madrasah Tsanawiyah Negeri Kembang Tanjong sudah sangat ideal.
Untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 4.2. Keadaan Guru Pada
MTsN Kembang Tanjong Tahun 2016/2017
No
|
Nama
|
Pendidikan
|
Bid. Studi
|
Ket
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Saiful Anwar, S.Ag,MM
|
S2. Pendidikan
|
Bahasa Ingris
|
Kepala
|
2
|
Azhari, S. Pd
|
S1. Fisika
|
Fisika
|
GT
|
3
|
Drs. Syarifuddin
|
S1. PAI
|
Fiqh
|
GT
|
4
|
Drs. Islafiani
|
S1. Biologi
|
Biologi
|
GT
|
5
|
Thahirah, S. Pd. I
|
S1. PAI
|
Agama
|
GT
|
6
|
Adhiati, S. Ag
|
S1. PAI
|
SKI
|
GT
|
7
|
Dra. Nursiah
|
S1. PAI
|
Agama
|
GT
|
8
|
Murhamah, S. Ag
|
S1. B. Arab
|
Bahasa Arab
|
GT
|
9
|
Dra. Sakdiah
|
S1. B. Inggris
|
Bahasa Inggris
|
GT
|
10
|
Dra. Laila
|
S1. PAI
|
Fiqh
|
GT
|
11
|
Agustina, S. Pd
|
S1. Matematika
|
Matematika & Fisika
|
GT
|
12
|
Mariami, S. Ag
|
S1. PAI
|
Geografi & Ekonomi
|
GT
|
13
|
Nurlaila, S. Pd
|
S1. Matematika
|
Matematika
|
GT
|
14
|
Drs. Sukirman
|
S1. Ekonomi
|
Ekonomi
|
GT
|
15
|
Darmiati, S. Ag
|
S1. Biologi
|
Biologi
|
GT
|
16
|
Drs. Zainal Abidin
|
S1. Penjaskes
|
Penjas
|
GT
|
17
|
Dra. Ainal Mardhiah
|
S1. B. Indonesia
|
Bahasa Indonesia
|
GT
|
18
|
Fitriah
|
S1. Kimia
|
Kimia
|
GT
|
19
|
Nursiah, S. Pd
|
S1. B. Indonesia
|
Bahasa Indonesia
|
GT
|
20
|
Nurmalawati, S. Ag
|
S1. PAI
|
Agama
|
GT
|
21
|
Ikhsan Saputra, S. Pd
|
S1. Matematika
|
Matematika
|
GT
|
22
|
Said Husen, S. Pd
|
S1.B. Inggris
|
Bahasa Inggris
|
GT
|
23
|
Asmawati, S. Ag
|
S1.PAI
|
Qur’an Hadits
|
GT
|
24
|
Dra. Fatimah
|
S1. Matematika
|
Matematika
|
GT
|
25
|
Mislawati, S. Ag
|
S1. PAI
|
Agama
|
GT
|
26
|
Fatmawati
|
S1. Biologi
|
KTK
|
GT
|
27
|
Mahyuddin, S. Pd
|
S1. Biologi
|
Biologi
|
GT
|
28
|
Rohani Nafi, S. Pd. I
|
S1. PAI
|
PPKn
|
GT
|
29
|
Ida Fitri, S. Pd. I
|
S1. Fisika
|
Fiqh
|
GT
|
30
|
Amiruddin, S. Pd. I
|
S1. PAI
|
Sejarah
|
GT
|
31
|
Magdalena, S. Pd. I
|
S1. B. Arab
|
Bahasa Arab
|
GT
|
32
|
Suryani, S. Pd. I
|
S1. B. Inggris
|
Bahasa Inggris
|
GT
|
33
|
Umaira Fitri, S.Pd.I
|
S1. PAI
|
Mulok
|
GT
|
34
|
Jamilah, S. Pd
|
S1. PAI
|
Fiqh
|
GT
|
35
|
Fatimah, S.Pd.I
|
S1. PAI
|
Fiqh
|
GT
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
36
|
Zubaidah, S. Ag
|
S1. PAI
|
Aqidah Akhlak
|
GT
|
37
|
Yusnita, S. Pd. I
|
S1. PAI
|
Qur’an Hadits
|
GT
|
38
|
Leni Marlina, S. Pd. I
|
S1. Biologi
|
KTK
|
GT
|
39
|
Nurul Fitri, S. Pd
|
S1. B. Inggris
|
Bahasa Inggris
|
GTT
|
40
|
Noval Rizki, S.Pd
|
S1. Penjaskes
|
Penjas
|
GTT
|
41
|
Rahmat Reza, S.Pd
|
S1. B. indonesia
|
TIK
|
GTT
|
42
|
Miftajul Jannah, S.Pd
|
S1. Fisika
|
TIK
|
GTT
|
43
|
Fitriani, S.Pd
|
S1. Biologi
|
Qur’an Hadits
|
GTT
|
44
|
Fuad, S.Pd.I
|
S1. PAI
|
PAI
|
GTT
|
45
|
Muhazir, S.Pd.I
|
S1. Penjaskes
|
Penjaskes
|
GTT
|
46
|
Kamarullah,S.Pd
|
S1. Penjaskes
|
Penjaskes
|
GTT
|
47
|
Mauliza, S.Pd
|
S1. B. Indonesia
|
B.Indonesia
|
GTT
|
48
|
Khairiah, S.Pd.I
|
S1. B. Arab
|
B.Arab
|
GTT
|
49
|
Juliana, S.Pd.I
|
S1.PAI
|
PAI
|
GTT
|
Data: dokumentasi MTsN Kembang Tanjong, tahun 2016/2017
Berdasarkan Tabel di atas, maka dapat disimpulkan
MTsN Kembang Tanjong memiliki tenaga kependidikan yang mencukupi. Artinya tenaga yang tersedia
pada MTsN Kembang Tanjong sudah memadai. Karena pada MTsN Kembang Tanjong saat ini telah memenuhi
standar ideal sebuah lembaga pendidikan.
4. Keadaan Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana
yang terdapat di MTsN Kembang Tanjong sudah memadai dalam kelangsungan proses
belajar mengajar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran,
sedangkan perlengkapan lainnya seperti peralatan olah raga dan peralatan
kesenian juga terus ditingkatkan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam
tabel dibawah ini.
Tabel 4.3
Keadaan sarana dan prasarana MTsN Kembang Tanjong
No
|
Sarana dan Prasarana
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Ruang
belajar
|
18
|
Baik
|
2.
|
Ruang
Guru
|
1
|
Baik
|
3.
|
Lab.
IPA
|
1
|
Baik
|
4.
|
Lab.
Komputer
|
1
|
Baik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5.
|
WC
Kepala Madrasah
|
1
|
Baik
|
6.
|
WC
Guru
|
4
|
Baik
|
7.
|
WC
Siswa
|
2
|
Baik
|
8.
|
Ruang
Organisasi
|
1
|
Baik
|
Berdasarkan tabel di
atas, maka diketahui bahwa keadaan sarana dan prasarana yang tersedia di MTsN Kembang
Tanjong relatif memadai walaupun masih ada penambahan beberapa ruang, meskipun
demikian keadaaan tersebut tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran.
B. Penerapan Metode Hafalan dalam
Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Dalam proses belajar
mengajar, strategi sangat dibutuhkan supaya pembelajaran menjadi maksimal,
begitu juga dalam penerapan metode hafalan, strategi harus dapat dipadukan
dalam metode hafalan.
Untuk membuat metode
hafalan lebih efektif, guru biasanya menyuruh siswa untuk dapat menghafal
setiap hari, baik ayat-ayat Al-Qur’an maupun materi khusus yang disuruh hafal.[4]
Maka dapat dijelaskan strategi dalam menerapkan suatu metode memang sangat
diperlukan, karena strategi suatu cara atau taktik yang digunakan guru dalam
pelaksanaan proses pembelajaran, demi mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan. Jika guru mempu menggunakan strategi mengajar yang tepat, maka
tujuan pembelajaran akan mencapai.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dalam menerapkan metode hafalan guru menyuruh siswa untuk
selalu belajar dengan cara mengulang hafalan, baik di madrasah maupun di rumah.
Metode merupakan langkah atau cara yang dilakukan untuk mencapai pembelajaran
yang maksimal, baik dalam pembelajaran umum maupun pembelajaran Agama. Metode
khusus yang dipadukan dengan metode hafalan yaitu guru menyuruh peserta didik
untuk membaca materi yang diajarkan secara berulang-ulang.[5]
Maka dapat dijelaskan metode adalah cara yang dilakukan oleh guru untuk membuat
siswa mudah dalam memahami pembelajaran.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa Metode khusus yang dipadukan dengan metode
hafalan yaitu guru menyuruh peserta didik untuk membaca materi yang diajarkan
secara berulang-ulang di dalam belajar.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa metode yang dipadukan
dengan metode hafalan yaitu siswa disuruh untuk selalu mengulang pembelajaran
yang dipelajari.
Penggunaan media dalam
penerapan metode hafalan sangat diperlukan supaya pembelajaran lebih efektif.
Hasil wawancara dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I mengatakan bahwa: “dalam penerapan
metode hafalan dalam belajar, guru juga menggunakan media sebagai alat
pendukung untuk memudahkan siswa dalam menghafal materi yang diberikan”.[6]
Maka dapat dijelaskan bahwa media dalam pembelajaran belajar merupakan suatu
bahan dukungan dalam memberikan materi yang ingin dipelajari oleh siswa.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa media dalam pembelajaran belajar merupakan suatu bahan
dukungan dalam memberikan materi yang ingin dipelajari oleh siswa, begitu juga
digunakan dalam penerapan metode hafalan. Dalam proses belajar mengajar di
kelas, persiapan guru yang dilakukan dalam penerapan metode hafalan ini dapat
diketahui melalui hasil wawancara dengan Asmawati, S.Ag sebagai berikut: “dalam
penerapan metode hafalan, guru biasanya mempersiapkan materi yang sesuai dengan
karakter siswa, serta menggunakan media, dan juga perangkat pembelajaran”.[7]
Maka dapat dijelaskan persiapan dalam proses belajar mengajar menjadi suatu
keharusan bagi seorang guru supaya mudah dalam memberikan materi kepada siswa.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa persiapan dalam proses belajar mengajar
menjadi suatu keharusan bagi seorang guru supaya mudah dalam memberikan materi
kepada siswa, apalagi dalam penerapan metode hafalan dalam pembelajaran
Al-Qur’an Hadits.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dalam penerapan metode hafalan, guru biasanya mempersiapkan
materi yang sesuai dengan karakter siswa, serta menggunakan media, dan juga
perangkat pembelajaran, sehingga ini memudahkan bagi guru.
Dalam penerapan metode
hafalan, biasanya guru melakukan hal yang mudah dimengerti oleh siswa,
sebagaimana yang diungkapkan oleh Ibu Yusnita, S.Pd.I sebagai berikut:
“penerapan metode hafalan kepada siswa di madrasah, biasanya guru menyampaikan
supaya siswa untuk sering mengulang-ulang pelajaran yang diberikan oleh guru di
sekolah”.[8]
Maka dapat dijelaskan biasanya dalam penerapan metode hafalan guru memberikan
motivasi yang dapat membangkitkan semangat siswa untuk mengulang.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa Penerapan metode hafalan kepada siswa di madrasah,
biasanya guru menyampaikan supaya siswa untuk sering mengulang-ulang pelajaran
yang diberikan oleh guru di madrasah.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa biasanya dalam penerapan metode hafalan guru memberikan
motivasi yang dapat membangkitkan semangat siswa untuk mengulang, ini menjadi
suatu cara yang dilakukan oleh guru.
Kepada siswa yang gagal
menghafal, biasanya guru memberikan tindakan yang sesuai dengan kegagalan
siswa. Hal ini dikatakan oleh Ibu Asmawati, S.Ag sebagai berikut: “bagi siswa
yang tidak dapat mempraktekkan hafalan, guru menyuruh siswa itu untuk mengulang
kembali hafalannya, itu dilakukan untuk diberikan kesempatan kepada siswa untuk
belajar lagi”.[9]
Maka dapat dijelaskan kesempatan diberikan kepada siswa yang gagal
mempraktekkan hafalan supaya siswa belajar lagi.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa guru memberikan kesempatan kepada siswa yang
gagal mempraktekkan hafalan supaya siswa belajar lagi, dan siswapun tidak
langsung diberikan hukuman.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa bagi siswa yang tidak dapat mempraktekkan hafalan, guru
menyuruh siswa itu untuk mengulang kembali hafalannya, itu dilakukan untuk
diberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar lagi, sebagai remedial dalam
belajar.
Mengenai tingkat
penguasaan materi dalam menerapkan metode hafalan dapat diketahui melalui hasil
wawancara dengan Ibu Dra. Yusnita, S.Pd.I sebagai berikut: “biasanya apa yang
diberikan materi kepada siswa atau disuruh hafal, guru sudah menguasai materi
tersebut sehingga mudah dijelaskan kepada siswa”.[10]
Maka dapat dijelaskan materi yang disampaikan kepada siswa biasanya guru sudah
mempelajari terlebih dahulu sebelum diberikan.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa biasanya apa yang diberikan materi kepada
siswa atau disuruh hafal, guru sudah menguasai materi tersebut sehingga mudah
dijelaskan kepada siswa dan siswa mudah menerima juga.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa materi yang disampaikan kepada siswa biasanya guru sudah
mempelajari terlebih dahulu sebelum diberikan, dan menjadi suatu tingkatan
penguasaan materi oleh guru.
Penyajian materi yang
mudah menjadi salah satu cara guru dalam penerapan metode hafalan. Hasil
wawancara dengan Ibu Asmawati, S.Ag menyatakan:
“dalam penerapan metode hafalan guru menampakkan materi yang akan dihafalkan
dan menyiapkan materi untuk membaca bersama-sama”.[11]
Maka dapat dijelaskan bahwa penyajian materi yang diberikan kepada siswa
biasanya dilakukan yang mudah dipahami oleh siswa.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa dalam penerapan metode hafalan guru
menampakkan materi yang akan dihafalkan dan menyiapkan materi untuk membaca
bersama-sama, sehingga ini mudah dihafal.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penyajian materi yang diberikan kepada siswa biasanya
dilakukan yang mudah dipahami oleh siswa, dan dipraktekkan secara bersama-sama.
Adapun langkah-langkah yang sudah berhasil dalam
penerapan metode hafalan dapat diketahui melalui hasil wawancara dengan Ibu Yusnita,
S.Pd.I sebagai berikut: “langkah-langkah selama ini yang dilakukan oleh guru
pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam penerapan metode hafalan sudah berhasil”.[12]
Maka dapat dijelaskan bahwa langkah-langkah yang dilakukan selama ini mulai
dari penyajian materi yang mudah sampai dengan penggunaan media yang tepat
dalam belajar.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa langkah-langkah selama ini yang dilakukan
oleh guru pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam penerapan metode hafalan sudah
berhasil dan dapat diterima oleh siswa.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan selama ini mulai dari
penyajian materi yang mudah sampai dengan penggunaan media yang tepat dalam
belajar, dan ini berhasil dilakukan.
Dalam penggunaan media
cara yang dilakukan oleh guru dalam penerapan metode hafalan dapat diketahui
melalui hasil wawancara dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I sebagai berikut: “Dalam
penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits, cara yang sudah
dilakukan oleh guru melalui menyuruh siswa membaca materi hafalan secara
berulang-ulang supaya siswa mudah menghafal materi tersebut”.[13]
Maka dapat dijelaskan cara dalam proses belajar mengajar merupakan suatu
strategi untuk memudahkan siswa dalam belajar.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa dalam penerapan metode hafalan dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits, cara yang sudah dilakukan oleh guru melalui
menyuruh siswa membaca materi hafalan secara berulang-ulang supaya siswa mudah
menghafal materi tersebut.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Cara dalam proses belajar mengajar merupakan suatu strategi
untuk memudahkan siswa dalam belajar dan juga menghafal materi dalam belajar.
Motivasi dalam belajar
menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh guru dalam penerapan metode hafalan.
Motivasi yang diberikan guru dalam penerapan metode hafalan dapat diketahui
melalui hasil wawancara dengan Ibu Asmawati, S.Ag
sebagai berikut: “setiap pembelajaran yang diberikan
oleh guru, maka guru memberikan motivasi kepada siswa, supaya siswa mudah dalam
belajar, apalagi dalam penerapan metode hafalan”.[14]
Maka dapat dijelaskan motivasi sangat dibutuhkan oleh siswa, apalagi dalam
penerapan metode hafalan sehingga siswa terdorong untuk terus belajar sungguh-sungguh
dan kreatif.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa motivasi sangat dibutuhkan oleh siswa,
apalagi dalam penerapan metode hafalan sehingga siswa terdorong untuk terus belajar
sungguh-sungguh dan kreatif, sehingga siswa mudah dalam belajar.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa setiap pembelajaran yang diberikan oleh guru, maka guru
memberikan motivasi kepada siswa, supaya siswa mudah dalam belajar, apalagi
dalam penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Adapun perpaduan metode
hafalan dengan variasi metode dapat diketahui melalui hasil wawancara dengan
Ibu Yusnita, S.Pd.I sebagai berikut: “dalam penerapan metode hafalan guru juga
menggunakan variasi metode yang lain, seperti metode ceramah dan metode
penugasan bagi siswa”.[15]
Maka dapat dijelaskan variasi metode digunakan oleh guru untuk menyesuaikan
metode hafalan dengan metode-metode yang lain dalam belajar.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa dalam penerapan metode hafalan guru juga
menggunakan variasi metode yang lain, seperti metode ceramah dan metode
penugasan bagi siswa, sehingga penerapan metode hafalan semakin mudah.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa variasi metode digunakan oleh guru untuk menyesuaikan metode
hafalan dengan metode-metode yang lain dalam belajar, dan siswa mudah dalam
menghafal.
Penerapan metode
hafalan harus dikaitkan dengan materi yang diberikan. Mengenai kesesuaian
metode hafalan dengan materi dapat diketahui melalui hasil wawancara dengan Ibu
Yusnita, S.Pd.I sebagai berikut: “dalam memberikan materi pembelajaran
Al-Qur’an Hadits, guru juga menyesuaikan dengan metode yang diterapkan yaitu
metode hafalan”.[16]
Maka dapat dijelaskan kesesuaian materi dengan metode yang digunakan menjadi
faktor penting dalam proses belajar mengajar.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa dalam memberikan materi pembelajaran
Al-Qur’an Hadits, guru juga menyesuaikan dengan metode yang diterapkan yaitu
metode hafalan ataupun metode yang lain.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Kesesuaian materi dengan metode yang digunakan menjadi faktor
penting dalam proses belajar mengajar terlebih dalam pembelajaran Al-Qur’an
Hadits.
C.
Pengaruh
Penerapan Metode Hafalan Terhadap Minat Belajar Siswa
Minat dalam belajar
menjadi salah satu unsur yang dapat membuat siswa efektif dalam belajar di
sekolah. Maka dalam hal ini minat belajar siswa dengan menggunakan metode
hafalan dapat diketahui melalui hasil wawancara dengan Ibu Asmawti, S.Ag
sebagai berikut “dalam proses belajar mengajar pembelajaran Al-Qur’an Hadits
dengan menggunakan metode hafalan, minat siswa meningkat, disamping pemahaman
yang sudah meningkat, juga siswa sudah dapat menghafal ayat”.[17]
Maka dapat dijelaskan minat dalam belajar merupakan hal yang sangat diperlukan
supaya peserta didik ada rasa keinginan dalam belajar.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa dalam proses belajar mengajar pembelajaran
Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode hafalan, minat siswa meningkat,
disamping pemahaman yang sudah meningkat, juga siswa sudah dapat menghafala
ayat yang sedang dipelajari.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa minat dalam belajar merupakan hal yang sangat diperlukan
supaya peserta didik ada rasa keinginan dalam belajar apalagi dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini membuat nilai belajar siswa meningkat.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam tabel dibawah ini.
Tabel
4.4 Nilai yang diperoleh siswa dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
No.
|
Alternatif
Jawaban
|
F
|
%
|
a.
|
7-8
|
34
|
61
|
b.
|
6-7
|
11
|
20
|
c.
|
5-6
|
11
|
20
|
d.
|
…………….
|
-
|
-
|
Jumlah
|
56
|
100 %
|
Dari tabel diatas dapat
diketahui bahwa sebagian besar menjawab nilai yang diperoleh dalam pembelajaran
Al-Qur’an Hadits 7-8 sebanyak 61%, dan lainnya masing-masing menjawab 6-7 dan 5-6
sebanyak 20%.
Jawaban sementara bahwa
siswa mendapat nilai yang baik semenjak guru menggunakan metode hafalan dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu siswa mudah dalam memahami sehingga hasil
belajarpun baik didapatkan.
Jadi, dapat penulis
simpulkan bahwa siswa mandapat nilai yang memuaskan dalam pembelajaran
Al-Qur’an Hadits sehingga ini menjadi suatu pencapaian yang maksimal bagi
siswa.
Hasil wawancara dengan Ibu
Yusnita, S.Pd.I sebagai
berikut “hasil belajar yang diperoleh siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits
dengan menggunakan metode hafalan, dimana siswa dapat membaca Al-Qur’an lebih
lancar sekarang ini”.[18]
Maka dapat dijelaskan hasil belajar merupakan tolak ukur pencapaian siswa
selama ini, yaitu hasil belajar siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits dengan
penerapan metode hafalan.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa dalam
belajar Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode hafalan, dimana siswa dapat
membaca Al-Qur’an lebih lancar sekarang ini.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan tolak ukur pencapaian siswa selama
ini, yaitu hasil belajar siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits dengan penerapan
metode hafalan yang dipelajari oleh siswa. Ini membuktikan bahwa pemahaman
siswa dalam Al-Qur’an Hadits sudah meningkat. Untuk lebih jelasnya dapat
dilihat dalam tabel dibawah ini.
Tabel
4.5 Pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits.
No.
|
Alternatif
Jawaban
|
F
|
%
|
a.
|
Meningkat
|
38
|
68
|
b.
|
Menurun
|
10
|
18
|
c.
|
Tidak menentu
|
8
|
14
|
d.
|
…………….
|
-
|
-
|
Jumlah
|
56
|
100 %
|
Dari tabel diatas dapat
diketahui bahwa sebagian besar menjawab pemahaman siswa dalam belajar Al-Qur’an
Hadits meningkat sebanyak 68, dan sebagian menjawab menurun sebanyak 18%, serta
sebagian kecil menjawab tidak menentu sebanyak 14%.
Jawaban sementara bahwa
pemahaman siswa dalam belajar pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan
metode hafalan siswa meningkatkan pemahaman.
Jadi, dapat penulis
simpulkan bahwa pemahaman siswa meningkat dengan guru menggunakan metode
hafalan dalam belajar. Ini akan berdampak positif dari penerapan metode
hafalan.
Hasil wawancara dengan Ibu
Asmawti, S.Ag sebagai berikut: “dampak positif dari belajar Al-Qur’an hadits
dengan menggunakan metode hafalan yaitu siswa ada ketenangan dalam kelas, dan
kemauan dalam menghafal”.[19]
Maka dapat dijelaskan dalam penerapan metode hafalan mendapat nilai yang
positif yang berguna bagi siswa dan juga guru.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa dampak positif dari belajar Al-Qur’an hadits
dengan menggunakan metode hafalan yaitu siswa ada ketenangan dalam kelas, dan
kemauan dalam menghafal materi yang diberikan oleh guru.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dalam penerapan metode hafalan mendapat nilai yang positif
yang berguna bagi siswa dan juga guru di sekolah, sehingga prestasi yang
diperolehpun baik. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam tabel dibawah ini.
Tabel
4.6 Prestasi selama ini.
No.
|
Alternatif
Jawaban
|
F
|
%
|
a.
|
Baik
|
33
|
59
|
b.
|
Kurang baik
|
13
|
23
|
c.
|
Tidak menentu
|
10
|
18
|
d.
|
…………….
|
-
|
-
|
Jumlah
|
56
|
100 %
|
Dari tabel diatas dapat
diketahui bahwa sebagian besar menjawab prestasi siswa dalam belajar Al-Qur’an
Hadits baik sebanyak 59%, dan sebagian menjawab kurang baik sebanyak 23%, serta
sebagian kecil menjawab tidak menentu sebanyak 18%.
Jawaban sementara bahwa
pemahaman siswa dalam belajar pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan
metode hafalan siswa dapat meningkatkan prestasi. Jadi, dapat simpulkan bahwa
prestasi siswa meningkat dengan guru menggunakan metode hafalan dalam belajar.
Kadang kala guru juga
mengalami kesulitan dalam penerapan metode hafalan. Kesulitan dalam penerapan
metode hafalan dapat diketahui melalui hasil wawancara dengan Ibu Yusnita,
S.Pd.I sebagai
berikut: “dalam penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits
guru mengalami kesulitan ketika siswa yang tampil, siswa yang lain sering
rebut”.[20]
Maka dapat dijelaskan kesulitan itu ada semua dalam proses belajar, sehingga
seorang guru harus dapat mengatasi kesulitan tersebut.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa dalam penerapan metode hafalan dalam
pembelajaran Al-Qur’an Hadits guru mengalami kesulitan ketika siswa yang
tampil, siswa yang lain sering rebut dalam belajar.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran guru dan siswa tentu mengalami kesulitan,
sehingga seorang guru harus dapat mengatasi kesulitan tersebut, apalagi dalam
belajar Al-Qur’an Hadits. Dengan mengatasi kesulitan membuat siswa betah dalam
belajar menggunakan metode hafalan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam
tabel dibawah ini.
Tabel
4.7 Betah tidaknya siswa dengan menggunakan metode hafalan
No.
|
Alternatif
Jawaban
|
F
|
%
|
a.
|
Betah
|
31
|
55
|
b.
|
Tidak betah
|
15
|
27
|
c.
|
Kadang-kadang
|
10
|
18
|
d.
|
…………….
|
-
|
-
|
Jumlah
|
56
|
100 %
|
Dari
tabel diatas dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa menjawab betah belajar
dengan menggunakan metode hafalan, yaitu sebanyak 55%, dan sebagian yang menjawab
tidak betah sebanyak 27%, serta sebagian kecil menjawab kadang-kadang betah
sebanyak 18%.
Jadi, dapat penulis
simpulkan bahwa dengan penerapan metode hafalan yang diberikan oleh guru
membuat siswa betah untuk belajar.
Mengenai hal yang
mendukung penerapan metode hafalan dapat diketahui melalui hasil wawancara
dengan Ibu Asmawti, S.Ag sebagai berikut: “hal yang mendukung penerapan metode
hafalan, dimana siswa lebih suka dengan adanya metode hafalan sehingga ini
membuat guru lebih mudah dalam belajar”.[21]
Maka dapat dijelaskan dukungan dari siswa dalam penerapan metode hafalan cukup
dirasakan oleh guru sehingga guru mudah dalam mengajar.
Berdasarkan uraian di
atas, maka dapat dijelaskan bahwa hal yang mendukung penerapan metode hafalan,
dimana siswa lebih suka dengan adanya metode hafalan sehingga ini membuat guru
lebih mudah dalam belajar.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dukungan dari siswa dalam penerapan metode hafalan cukup
dirasakan oleh guru sehingga guru mudah dalam mengajar Al-Qur’an Hadits, sehingga
ada kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran. Untuk lebih jelasnya dapat
dilihat dalam tabel dibawah ini.
Tabel
4.8 Kemampuan siswa dalam memahami
pembelajaran.
No.
|
Alternatif
Jawaban
|
F
|
%
|
a.
|
Mudah
|
35
|
63
|
b.
|
Susah
|
15
|
27
|
c.
|
Tidak menentu
|
6
|
11
|
d.
|
…………….
|
-
|
-
|
Jumlah
|
56
|
100 %
|
Tabel diatas menunjukkan
tentang kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran, sebagian besar siswa
menjawab mudah dalam memahami pembelajaran Al-Qur’an Hadits, yaitu sebanyak 63%,
dan sebagian yang menjawab susah sebanyak 27%, serta sebagian kecil yang
menjawab tidak menentu menjawab sebanyak 11%.
Jawaban sementara bahwa
siswa ada kemampuan dalam memahami pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang diajarkan
di madrasah. Jadi, dapat penulis simpulkan bahwa dalam pembelajaran Al-Qur’an
Hadits siswa mengalami peningkatan dan kemampuan dalam memahaminya. Ini membuat
siswa serius dalam belajar dan megikuti pelajaran yang diberikan oleh guru.
Hasil wawancara dengan Ibu
Yusnita, S.Pd.I sebagai
berikut: “dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode hafalan,
siswa lebih serius dalam belajar, karena metode hafalan mempunyai rasa suka
tersendiri bagi siswa”.[22]
Maka dapat dijelaskan bahwa penerapan metode hafalan membuat siswa serius dalam
belajar Al-Qur’an Hadits.
Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode hafalan membuat siswa serius dalam belajar Al-Qur’an
Hadits yang diberikan oleh guru sehingga siswa mampu dalam menyerap dan mudah
dalam menghafal materi-materi yang disampaikan guru.
Pengaruh metode hafalan
terhadap disiplin siswa sebagaimana dijelaskan oleh Ibu Asmawati, S.Ag sebagai
berikut “dengan adanya metode hafalan sekarang ini siswa lebih giat dalam
belajar dan menyetor ayat-ayat yang
dihafal oleh siswa”.[23]
Maka dapat dijelaskan bahwa penerapan metode hafalan membuat siswa lebih senang
dalam belajar dan giat untuk menyetor ayat-ayat yang dihafal oleh siswa saaat
proses belajar mengajar.
Hasil pengaruh metode
hafalan terhadap pergaulan siswa dapat diketahui melalui hasil wawancara dengan
Ibu Yusnita, S.Pd.I sebagai
berikut “dengan adanya penerapan metode hafalan kebiasaan peserta didik yang
suka menghafal, akhlaknya lebih baik”.[24]
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode hafalan sangat berpengaruh terhadap akhlak
siswa, siswa yang kebiasaan suka menghafal dapat meningkatkan akhlak dan hasil
yang dicapai lebih baik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
D. Analisa
Data dan Pembuktian Hipotesis
1. Analisa Data
Penerapan
metode hafalan di MTsN Kembang Tanjong yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an
Hadits sudah dilaksanakan dengan semaksimal
mungkin seperti menyiapkan metode hafalan yang tepat,
menggunakan strategi disaat proses belajar mengajar, menyiapkan
beberapa metode,
dan media pembelajaran, sehingga memudahkan
siswa dalam menghafal materi yang diberikan.
Penerapan
metode hafalan di MTsN Kembang Tanjong memberi pengaruh yang sangat besar
terhadap hasil belajar siswa dan juga terhadap minat belajar siswa. Dengan
adanya minat tersebut, maka keinginan siswa dalam mengikuti pembelajaran
menjadi lebih baik, sehingga kemampuan siswa untuk memahami dan hafalan semakin
lancar dan meningkat, hal ini dipengaruhi hasil belajar yang diperoleh tersebut
dalam penerapan metode hafalan pada umumnya mengalami peingkatan.
2. Pembuktian Hipotesis
a. Hipotesis pertama
Hipotesis yang pertama yang berbunyi penerapan
metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits belum dapat meningkatkan
minat belajar siswa. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hafalan di MTsN Kembang
Tanjong sudah maksimal, guru menggunakan strategi
disaat proses belajar mengajar,
menyiapkan beberapa metode,
dan media pembelajaran, sehingga minat
belajar meningkat. Hal ini dapat dibukti pada hasil wawancara dengan guru pada
halaman 47, dan 55, dengan demikian dapat simpulkan bahwa hipotesis pertama tidak
dapat diterima.
b. Hipotesis kedua
Hipotesis yang kedua
yang berbunyi guru mengalami kendala dalam penerapan metode hafalan sehingga
minat belajar siswa rendah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
metode hafalan di madrasah membuat hasil belajar dan nilai siswa semakin baik,
dan prestasi yang dicapai sekarang ini lebih meningkat. Hal ini dapat dilihat
pada tabel 4.4, 4.5 dan tabel 4.6, dengan demikian hipotesis kedua tidak
dapat diterima.
[1] Hasil wawancara
dengan Bapak Saiful Anwar, S,Ag, MM Kepala MTsN Kembang Tanjong pada tanggal 29
Juli 2016
[2] Dokumentasi MTsN Kembang Tanjong, Tanggal 29 Juli 2016
[3] Hasil wawancara
dengan Bapak Saiful Anwar, S,Ag, MM Kepala MTsN Kembang Tanjong pada tanggal 29
Juli 2016
[4] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016.
[5] Hasil wawancara
dengan Asmawati, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong, tanggal 1
Agustus 2016.
[6] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[7] Hasil wawancara
dengan Ibu Asmawati, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[8] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[9] Hasil wawancara
dengan Ibu Asmawati, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[10] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[11] Hasil wawancara
dengan Ibu Asmawati, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[12] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[13] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[14] Hasil wawancara
dengan Ibu Asmawati, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[15] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong, tanggal
1 Agustus 2016
[16] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 1 Agustus 2016
[17] Hasil wawancara
dengan Ibu Asmawti, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 3 Agustus 2016
[18] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 4 Agustus 2016
[19] Hasil wawancara
dengan Ibu Asmawti, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 3 Agustus 2016
[20] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 3 Agustus 2016
[21] Hasil wawancara
dengan Ibu Asmawti, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 4 Agustus 2016
[22] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 3 Agustus 2016
[23] Hasil wawancara
dengan Ibu Asmawati, S.Ag, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 3 Agustus 2016
[24] Hasil wawancara
dengan Ibu Yusnita, S.Pd.I, Guru Al-Qur’an Hadits di MTsN Kembang Tanjong,
tanggal 3 Agustus 2016
0 comments