RENCANA SKRIPSI
PENYUSUNAN METODE
DEMONSTRASI PADA MATERI DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA
KELAS V MIN
TANJONG BUNGONG
A. Latar
Belakang Masalah
Selama ini sistem pembelajaran kita masih menekankan kepada ranah kognitif yaitu tentang penyampaian teori, bagaimana agar siswa itu dapat menguasai materi yang
telah disampaikan, sedangkan
untuk ranah afektif dan
psikomotorik agar siswa itu dapat mengamalkan dan menerapkan isi dari materi pelajaran itu dalam
kehidupan mereka sehari- hari
belum nampak dimunculkan.
Selain itu
sebagian guru kurang paham dalam penyusunan metode
demonstrasi pada materi Diskusi sehingga tidak berpengaruh positif terhadap
siswa. Kendala yang
dihadapi guru sangat sulit, sehingga membuat guru tersebut kewalahan. Seharusnya metode yang digunakan oleh guru harus tepat supaya siswa berpengaruh
positif dalam pembelajaran materi Diskusi. Selain itu ketepatan
metode yang guru gunakan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Di
MIN Tanjong Bungong siswa lebih sulit dalam belajar disebabkan guru hanya
menggunakan teori saja dalam mengajar Diskusi, kurangnya kepahaman guru dalam
mendemonstrasikan pembbelajaran Diskusi sehingga guru tersebut belum bisa
mengatasi kendala-kendala yang dihadapinya.
Sehingga
dampak yang dirasakan Tidak ada perubahan aktVitas belajar siswa ke arah yang
lebih baik, tidak berpengaruh positif kepada siswa, dan belum diketahui secara
pasti kendala apa yang dihadapi guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada Diskusi
untuk meningkatkan prestasi belajar kelas V di MIN Tanjong Bungong.
Sepanjang penelitian belum
ditemukan penelitian khusus yang berkenaan dengan judul tersebut. Oleh karena
itu penulis tertarik mengambil penelitian yang berjudul “Penyusunan Metode
Demonstrasi Pada Materi
Diskusi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V Min Tanjong bungong”
B. Rumusan
Permasalahan
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut
maka dapat dirumuskan permasalahan-permasalahan yang ingin diteliti yaitu
:
1.
Bagaimana penggunaan metode demonstrasi untuk pembelajaran Diskusi pada kelas V di MIN Tanjong Bungong?
2.
Bagaimana
pengaruh Penggunaan metode
Demonstrasi Terhadap prestasi belajar kelas V MIN Tanjong Bungong ?
3.
Kendala
apa yang dihadapi dalam penggunaan metode
demonstrasi pada Diskusi
untuk meningkatkan prestasi belajar kelas V di MIN Tanjong Bungong ?
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Dalam setiap pembahasan tentu saja mempunyai
tujuan yang ingin dicapai, begitu juga dengan pembahasan skripsi ini. Sesuai
dengan judul yang penulis kemukakan di atas, maka yang menjadi tujuan pembahasan
skripsi ini adalah :
1.
Untuk
mengetahui Bagaimana penggunaan metode demonstrasi pada materi
Diskusi di MIN Tanjong Bungong ?
2.
Untuk
mengetahui Bagaimana pengaruh Penggunaan metode Demonstrasi Terhadap hasil
belajar siswa ?
3.
Untuk
mengetahui Kendala apa yang dihadapi dalam menggunakan metode demonstrasi pada Diskusi
untuk meningkatkan prestasi belajar kelas V di MIN Tanjong Bungong ?
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat pada berbagai pihak, yaitu:
1.
Manfaat
Secara Teoritis
Dapat
dijadikan sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan hasanah ilmiah tentang Penyusunan Metode Demonstrasi pada Materi Diskusi untuk meningkatkan prestasi belajar kelas V di MIN Tanjong Bungong.
2.
Manfaat
Secara Praktis
1)
Siswa
Agar siswa memahami dan menghayati pelajaran
Matematika sehingga siswa dapat termotVasi selama kegiatan belajar mengajar
berlangsung.
2)
Guru
Sebagai
upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan
kemampuan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga
akademik di sekolah serta dapat meningkatkan profesionalnya sebagai tenaga
pengajar di sekolah. Profesioalisme
guru merupakan kunci pokok kelancaran dan kesuksesan proses pembelajaran di
sekolah. Karena hanya guru profesional yang bisa menciptakan situasi aktif anak
didik dalam kegiatan pembelajaran.
3)
Sekolah
Sebagai
tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana peningkatan perkembangan peserta didik
setelah diterapkannya Metode Demonstrasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Demikian secara ringkas mengenai
tujuan dan manfaat yang ingin penulis capai dalam penulisan skripsi ini.
D. Definisi Konsep
1.
Metode
Demonstrasi
Metode adalah cara yang dalam fungsinya merupakan alat
untuk mencapai tujuan, khususnya dalam bidang pengajaran di sekolah ada
beberapa faktor lain yang ikut berperan dalam menentukan efektifnya metode
tersebut, antara lain faktor guru, siswa, dan lingkungan itu sendiri.”[1]
Metode
demonstrasi adalah cara penyajian pembelajaran dengan memperagakan atau
mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang
sedang dipelajari, baik sebenarnya maupun tiruan, yang sering disertai dengan
penjelasan lisan.[2]
Dari
pengertian diatas dapat penulis simpulkan bahwa metode demontrasi merupakan
metode mengajar yang memperhatikan bagaimana proses terjadi sesuatu, dimana
keaktifan lebih banyak pada pihak guru, dalam artian metode yang
mendemontrasikan langsung didepan kelas, agar anak didik lebih cepat memahami
apa yang disampaikan oleh guru.
2.
Diskusi
Daryanto mengartikan metode adalah sebagai berikut: “Cara
yang tersusun dan teratur, untuk mencapai tujuan, khususnya dalam ilmu
pengetahuan”.
Slameto dalam bukunya Belajar dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya menyebutkan bahwa: “Metode adalah cara atau jalan yang
sistematis dan umum, untuk melakukan pekerjaan.[3]
Menurut Syaiful Djamah, metode diskusi merupakan “suatu
proses yang teratur melibatkan sekelompok indVidu dalam suatu interaksi tatap
muka secara kooperatif untuk tujuan membagi informasi, membuat keputusan dan memecahan masalah.”[4] Jadi,
Metode Diskusi yang dimaksud dalam penulisan ini adalah suatu metode yang
digunakan oleh seorang guru yang melibatkan interaksi antara dua orang atau
lebih atau dilakukan secara berkelompok dalam memecahkan suatu permasalahan
yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.
3. Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah ”hasil
yang telah dicapai dari apa yang telah dilakukan, dikerjakan, diusahakan dan
sebagainya[5]” hasil yang
dicapai oleh seseorang setelah ia melakukan perubahan, baik di sekolah maupun
di luar sekolah.
E. Metode Penelitian
1.
Setting Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MIN Tanjong
Bungong khususnya kelas V.
2.
Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah :
a.
Observasi
Observasi adalah teknik
pengamatan terhadap objek atau situasi yang diteliti dan peneliti terlibat
langsung didalamnya. Suharsimi Arikunto mengatakan bahwa, “Observasi atau yang
disebut pula dengan pengamatan merupakan kegiatan pemusatan perhatian terhadap
sesuatu objek dengan menggunakan alat indra. Jadi mengobservasi dapat dilakukan
melalui penglihatan, penciuman, peraba, dan pengecap”.[6]
b.
Catatan
Lapangan
Catatan lapangan
merupakan alat pengumpulan data mengenai peristiwa atau kenyataan yang terjadi
selama proses pembelajaran berlangsung. Lembar catatan lapangan diisi oleh
peneliti dan hasil catatan lapangan merupakan salah satu data yang harus
diperoleh dalam penelitian tindakan kelas ini. Catatan lapangan digunakan
sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan tindakan selanjutnya.
c.
Tes Tulisan Dan Tes Lisan
Tes adalah “Seperangkat rangsangan (stimulus)
yang diberikan kepada seseorang dengan maksud untuk memberikan jawaban-jawaban
yang dijadikan penetapan skor angka”.
Teknik tes dalam penelitian ini adalah tes lisan dan tes tulisan di mana siswa mengambil kartu
lalu menulis jenis pekerjaan tersebut dan selanjutnya di paparkan di depan
kelas.
3. Teknik Analisa Data
“Analisis
data dalam penelitian merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dan
memerlukan ketelitian serta kekritisan dari peneliti”.[7]
Melakukan analisis adalah pekerjaan yang sulit, memerlukan kerja keras dan daya
kreatif serta kemampuan yang tinggi.
Rumus
yang digunakan dalam perhitungan nilai rata-rata adalah sebagai berikut :
Keterangan
:
X =
Rata-rata (Mean)
= Jumlah
seluruh skor
Banyaknya
subjek
Hasil
pengolahan atau analisis data tersebut
di atas dijadikan acuan dalam pengujian hipotesis.[8]
4. Pedoman
Penulisan
Dalam melakukan
Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti berpedoman pada “Buku Pedoman Penulisan
Karya Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal Sigli 2011”.
F.
Personalia
Penelitian
1.
Nama : RISNAWATI
2.
NPM : 122230399
3.
Jenis
Kelamin :
Perempuan
4.
Tempat
Tanggal Lahir : Beungga, 14
April 1994
5.
Pendidikan
Terakhir : SMAN 1 Keumala
G.
Sekolah
Tempat Penelitian
1.
Nama
Sekolah : MIN Tanjong Bungong
2.
Alamat
Sekolah : Mali
3.
Kecamatan : Kota Bakti
4.
Kabupaten
: Pidie
5.
Provinsi : Aceh
H.
Jadwal
Penelitian
No
|
Kegiatan
|
Waktu
Pelaksanaan
|
1.
|
Penyusunan
Proposal
|
Minggu Ke empat Bulan Desember
2015
|
2.
|
Seminar
Proposal
|
Minggu Ke Dua
Bulan Januari 2016
|
3.
|
Pelaksanaan
Penelitian
a.
Pengumpulan
Data
b.
Tindakan
Siklus I
c.
Tindakan
Siklus II
d.
Tindakan
Siklus III
|
Minggu
Pertama Bulan Juli
Minggu Kedua
Bulan Juli
Minggu Ketiga
Bulan Juli
Minggu
Keempat Bulan Juli
|
4.
|
Pengelolaan
Data dan Analisis
|
Minggu
Pertama Sampai Minggu Akhir Bulan Juni 2016
|
5.
|
Penyusunan
dan Revisi Laporan
|
Bulan Agustus
Sampai Bulan September 2016
|
I.
Daftar Kepustakaan
Departemen Pendidikan
Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed. III, (Jakarta: Balai
Pustaka, 2005)
Hasibuan dan Moetjiono, Proses Belajar Mengajar, (Remaja Roszdakarya: Bandung, 2002)
Tri Astuti Lusia, Matematika
Sekolah Dasar Kelas VI. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009)
Badudu dan Zain Sutan Mohammad, Kamus Umum Bahasa Indonesia,
(Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2001)
Suharsimi
Arikunto, Prosedur Penelitian,
(Jakarta: Rinekaa Cipta, 2009)
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), (Jakarta: Rineka
Cipta, 1993)
Nurul Zuriah, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Jakarta : Bumi Aksara,
2006)
Nana Sudjana, Penelitian Hasil Belajar Mengajar, (Bandung : Remaja Rosdakarya,
2009)
|
Sigli, Desember 2015
No : Istimewa Kepada
Yth,
Lamp : 1 (satu) berkas Bapak
Ketua STI Tarbiyah
Hal : Permohonan Pengesahan PTI Al-Hilal
Sigli
Proposal di_
Sigli
Assalamu’alaikum
Wr.Wb.
Saya yang bertanda tangan
di bawah ini:
Nama :
RISNAWATI
Tempat/
Tgl. Lahir : Beungga,
14 April 1994
NPM :
12230399
Semester : VII
(Tujuh)
Unit : II
(Dua)
Prodi : S1 - PGMI
Dengan
ini mengajukan permohonan pengesahan rencana
skripsi berjudul:
PENYUSUNAN METODE
DEMONSTRASI PADA MATERI DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA
KELAS V MIN
TANJONG BUNGONG
Sebagai
bahan pertimbangan Bapak, bersama ini saya turut
lampirkan pertanggung jawaban dan
segala kelengkapannya.
Demikianlah
permohonan ini saya sampaikan semoga Bapak dapat
mengabulkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Wassalam
Pemohon,
RISNAWATI
NPM. 122230399
JUDUL
CADANGAN:
1. Meningkatkan gairah belajar
siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar
2. Meningkatkan motivasi belajar
siswa dalam pembelajaran IPA di MIN Tanjong Bungong melalui pendekatan sains
teknologi
|
PROPOSAL SKRIPSI
PENYUSUNAN METODE
DEMONSTRASI PADA MATERI DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA
KELAS V MIN
TANJONG BUNGONG
Diajukan Oleh :
Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hilal
Sigli
Prodi
: S-I PGMI
RISNAWATI
NPM. 122230399
SEKOLAH
TINGGI ILMU TARBIYAH
PERGURUAN
TINGGI ISLAM
AL-HILAL
SIGLI
TAHUN 2015
[1] Departemen Pendidikan
Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed. III, (Jakarta: Balai
Pustaka, 2005), hal. 148
[2]
Hasibuan dan Moetjiono, Proses Belajar
Mengajar, (Remaja Roszdakarya: Bandung, 2002), hal. 29
[4] Syaiful Djamah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi
Edukasi suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, (Jakarta: Rieka Cipta, 2005),
hal 157
[5] Badudu dan Zain Sutan Mohammad, Kamus Umum Bahasa Indonesia,
(Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2001), Hal. 1088
[6] Suharsimi Arikunto. Prosedur
Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), (Jakarta: Rineka Cipta, 1993), hal.
34.
[7] Nurul Zuriah, Metodologi
Penelitian Sosial dan Pendidikan (Jakarta : Bumi Aksara, 2006), hal. 198
[8] Nana Sudjana, Penelitian
Hasil Belajar Mengajar, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2009), hal. 109
0 comments