Penentuan Penggunaan Metode mengaja

Makalah
FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERHATIKAN
DALAM PENGGUNAAN
METODE MENGAJAR
DI
S
U
S
U
N

OLEH :
KELOMPOK 4
NAMA           : IKA MAULIANI
                        : NURLELA WATI
                        : USWATUN HASANAH
                                    SEM/UNIT    : VII/I
PRODY          : S-1 PAI








SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
PTI AL-HILAL SIGLI
2015
KATA PENGANTAR
 


           

Segala puji bagi Allah swt yang telah memberikan  limpahan karunia  yang tidak terhingga  sehingga penyusunan makalah ini terselesaikan  dengan baik, shalawat dan salam kepada janjungan alam Nabi besar Muhammad Saw. pembawa  risalah Allah swt mengandung pedoman hidup yang terang bagi umat manusia  didunia dan diakhirat.
Makalah ini mengkaji tentang “Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Metode Mengajar”. Saya sadar bahwa penyusun makalah ini sangatlah jauh dari kesempurnaan, maka dari ini saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Mudah-mudahan makalah ini bermanfaat bagi para pembaca khususnya mahasiswa/i. Semoga juga menjadi amal yang baik dan diterima disisi Allah SWT. Amiin.





Sigli, 02 November 2015




KELOMPOK 4





                                                                                          

DAFTAR ISI
  Halaman
KATA PENGANTAR...................................................................................         i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ........ ii
BAB I : PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A.    Latar Belakang......................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah.................................................................................... 1
C.     Tujuan Pembahasan................................................................................. 2

BAB II : PEMBAHASAN...................................................................................... 3
A.    Pemilihan dan Penentuan Penggunaan Metode....................................... 3
B.     Nilai Strategi Metode.............................................................................. 3
C.     Efektivitas Penggunaan Metode.............................................................. 3
D.    Pentingnya Pemilihan dan Penggunaan Metode..................................... 4
E.     Faktor-faktor Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Metode..................... 4
F.      Teknik Pemilihan Metode Mengajar........................................................ 7

BAB III : PENUTUP.............................................................................................. 9
A.    Kesimpulan.............................................................................................. 9
B.     Saran........................................................................................................ 9

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 10







BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Proses belajar mengajar merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta didik dalam suatu kondisi pendidikan atau pengajaran untuk menentukan tujuan yang ditetapkan. Sehingga perlu adanya kriteria dalam pemilihan metode pembelajaran yang sesuai. Dengan mengetahui kriteria pemilihan metode pembelajaran yang tepat maka kita dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan. Misal metode yang digunakan dalam strategi pembelajaran yang lebih berpusat pada guru, yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Setiap metode akan dibahas menurut pengertian dan tujuannya, alasan penggunaannya, kekuatan dan kelemahannya, cara mengatasi kelemahannya, dan langkah-langkah pelaksanaannya.
Metode ini merupakan cara-cara yang ditempuh guru untuk menciptakan suatu kondisi pembelajaran yang benar-benar menyenangkan dan mendukung bagi kelancaran proes belajar dan tercapainya belajar anak yang memuaskan. Namun dalam proses belajar mengajar tidak sembarangan metode yang digunakan. Oleh karena itu dalam makalah ini kami akan membahas mengenai faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam penggunaan metode dalam mengajar.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana Pemilihan Dan Penentuan Penggunaan Metode mengajar ?
2.      Bagaimana Nilai Strategis Metode mengajar ?
3.       Bagaimana Efektivitas Penggunaan Metode mengajar ?
4.      Apa Pentingnya Pemilihan dan Penentuan Metode mengajar ?
5.       Apa Faktor-faktor Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Metode Mengajar ?
6.      Bagaimana Teknik Pemilihan Metode Mengajar ?



C.    Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui dan memahami Pemilihan Dan Penentuan Penggunaan Metode
2.      Untuk mengetahui dan memahami Nilai Strategis Metode
3.       Untuk mengetahui dan memahami Efektivitas Penggunaan Metode
4.      Untuk mengetahui dan memahami Pentingnya Pemilihan dan Penentuan Metode
5.       Untuk mengetahui dan memahami Faktor-faktor Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Metode Mengajar
6.      Untuk mengetahui dan memahami Teknik Pemilihan Metode Mengajar




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pemilihan Dan Penentuan Penggunaan Metode
Metode yang digunakan guru dalam setiap kali pertemuan kelas telah melalui seleksi yang berkesesuain dengan perumusan tujuan instruksional khusus. Biasanya guru selalu menggunakan metode lebih dari satu. Pemakaian metode yang satu digunakan untuk mencapai tujuan yang lain sesuai dengan kehendak tujuan pengajaran yang telah dirumuskan. Berikut akan diuraikan masalah mengenai pemilihan dan penentuan metode mulai dari nilai strategis metode, efektifitas penggunaann metode, pentingnya pemilihan dan penentuan metode, hingga faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pengajaran.[1]

B.     Nilai Strategis Metode
Pemilihan dan penetuan metode pembelajaran haruslah memperhatikan nilai strategis metode tersebut. Nilai strategisnya yakni metode dapat mempengaruhi jalannya kegiatan belajar mengajar. Hal ini dikarenakan, dalam kegiatan belajar mengajar terjadi interaksi antara guru dan peserta didik dalam hal transfer ilmu. Apabila dalam proses mentransfer ilmu guru tidak memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan atau metode yang digunakan kurang tepat, maka guru akan mengalami kesulitan dalam mentransfer ilmu. Selain itu kelas menjadi tidak kondusif atau terjadi kejenuhan dalam kegiatan pembelajaran, akhirnya tujuan pembelajaran tidak tercapai. Oleh karena itu, sebelum guru melaksanakan kegiatan belajar sebaiknya guru memperhatikan pemilihan dan penentuan metode pembelajaran yang akan digunakan.

C.    Efektivitas Penggunaan Metode
Efektifitas merupakan kesesuaian, sehingga efektifitas penggunaan metode merupakan kesesuian metode pembelajaran dengan semua komponen pengajaran yang telah diprogramkan dalam satuan pembelajran, sebagai persiapan tertulis. Efektifitas penggunaan metode sangatlah perlu diperhatikan ketika guru hendak memilih dan menentukan metode pembelajaran, karena jika kita salah dalam memilih dan menetukan metode pembelajaran, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.
Misalnya, guru telah mempersiapkan rencana secara detail, dengan tujuan pembelajaran anak dapat melakukan atau memperagakan tata cara wudhu. Tetapi ketika di kelas guru menyampaikan materi tersebut menggunakan metode ceramah. Maka hal tersebut tidaklah sesuai, karena tujuan yang ingin dicapai adalah anak dapat melakukan tata cara berwudlu. Sehingga seorang guru haruslah memperhatikan efektifitas penggunaan metode pembelajaran supaya metode tersebut dapat mendukung pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran.

D.    Pentingnya Pemilihan dan Penentuan Metode
Pemilihan dan penentuan metode pembelajaran sangatlah penting dilakukan oleh seorang guru. Hal ini dikarenakan tidak semua metode pembelajaran dapat digunakan oleh seorang guru dalam hal kegiatan belajar mengajar serta mendukung pencapian tujuan pembelajaran. Apabila guru salah dalam hal memilih dan menentukan metode yang akan digunakan maka tujuan dari pembelajaran tidak akan tercapai. Misalnya guru menentukan tujuan pengajaran yaitu supaya anak didik dapat menuliskan sebagian ayat-ayat dalam surat Al Fatihah atau anak dapat menulis angka dari 1 sampai 40. Untuk mencapai tujuan tersebut guru tidak tepat jika menggunakan metode diskusi, namun yang tepat jika menggunakan metode latihan.[2]

E.     Faktor-faktor Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Metode Mengajar
Metode mengajar merupakan syarat mutlak yang harus disertakan dalam proses belajar mengajar, karena metode mengajar merupakan cara atau proses mencapai tujuan pengajaran yaitu tujuan yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa dalam kegiatan belajar.
Setiap guru yang akan menyajikan materi pelajaran kepada anak didiknya, perlu memahami arti, peranan serta penggunaan metode mengajar, karena metode yang digunakan itu akan berpengaruh sekali terhadap berhasil tidaknya suatu tujuan yang akan dicapai tergantung pada penggunaan metode yang tepat. Dari uraian di atas dikemukakan bahwa setiap metode memiliki karakteristik tersendiri, oleh karena itu perlu dipilih suatu atau beberapa metode yang sesuai. Jadi dalam pemilihan tersebut bukanlah salah satu metode yang digunakan secara permanen, tetapi bervariasi den metode yang tepat sehingga tercapai proses belajar mengajar yang efektif. Faktor-faktor yang secara umum dijadikan dasar untuk memilih metode mengajar yang tepat bagi suatu proses belajar,  tujuan yang ingin dicapai.
1.      Faktor siswa
2.      Faktor guru.
3.      Faktor dana dan fasilitas yang tersedia.
4.      Faktor sifat dan materi yang hendak disajikan.
5.      Faktor waktu yang tersedia bagi pelaksanaan proses belajar mengajar.[3]
Mengenai faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar adalah sebagai berikut:
1.      Tujuan yang ingin dicapai.
Yang dimaksud dengan tujuan yang ingin dicapai ialah tujuan pengajaran. Tujuan pengajaran merupakan rumusan yang menggambarkan tentang perubahan tingkah laku apa yang akan diperoleh, siswa sebagai akibat dan pengajaran. Dalam sistem pengajaran, tujuan harus dapat memberikan gambaran yang jelas tentang bentuk tingkah laku yang diharapkan dapat dimiliki siswa, karena itu tujuan harus merupakan suatu rumusan yang bersifat sempit dan spesifik. Dalam menentukan tujuan yang spesifik, harus diperhatikan tiga unsur yaitu meliputi aspek kognitif, afektif dan aspek psikomotor. Tujuan yang jelas dan spesifik akan memberikan pegangan dan petunjuk tentang metode mengajar. Hal ini sesuai dengan fungsi metode itu sendiri yaitu cara untuk mencapai tujuan. Dengan demikian jelaslah bahwa dalam pemilihan metode mengajar yang tepat untuk mencapai tujuan haruslah memperhatikan tujuan yang telah ditetapkan.
2.      faktor siswa
Siswa sebagai subjek ajar yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, setiap siswa mempunyai keragaman masing-masing. Hal ini yang harus
diperhatikan dalam faktor siswa diantaranya usia, latar belakang, potensi-potensinya, kemampuan dan motivasi. Hal tersebut perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar. Disamping itu jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar juga sangat besar pengaruhnya terhadap pemilihan metode mengajar.
3.      Faktor guru
Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tugas mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai keberhasilan pengajaran. Salah satu faktor untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar, guru harus dapat menerapkan suatu cara untuk tercapainya tujuan tersebut. Guru di tuntut untuk dapat menggunakan berbagai metode, baik secara tunggal maupun bervariasi, dengan berpedoman dengan tujuan yang akan dicapainya. Setiap metode mengajar mempunyai kebaikan dan kelemahannya. Suatu metode yang baik bagi seorang guru, belum tentu baik untuk guru yang lain di dalam menyampaikan suatu materi pelajaran. Untuk menghasilkan metode yang efektif maka seorang guru harus dapat memahami dan mengerti kebaikan dan kelemahan dan masing-masing tersebut. Berdasarkan kemampuan guru dalam menggunakan dan memilih metode mengajar, maka hal ini dapat menunjang tercapainnya proses belajar mengajar yang efektif.
4.      Faktor sifat materi yang akan disampaikan
Isi proses belajar mengajar akan tercermin dalam bahan yang dipelajari oleh siswa. Hal ini akan berpengaruh terhadap metode mengajar yang akan dipilih, karena dengan mengetahui sifat materi pelajaran terlebih dahulu. Menurut E Kusmana (1979:86) karakteristik bahan pelajaran dapat dikelompokan sebagai berikut: “Materi pelajaran dapat dikelompokkan atas mata pelajaran Vokasional yaitu mata pelajaran yang membina kecakapan tertentu yang menjabat suatu jabatan dan mata pelajarannya yang bersifat non vokasional atau mata pelajaran yang membina pengetahuan umum”. Dengan demikian jelaslah bahwa dalam memilih metode mengajar itu, haruslah melihat karakteristik dan bahan mata pelajaran tersebut. Karena metode yang digunakan untuk menyampaikan bahan pelajaran yang bersifat vokasinal akan berbeda dengan metode yang digunakan untuk pelajaran yang bersifat non vokasional.
5.      Faktor dana dan fasilitas yang tersedia
Dalam menggunakan metode mengajar tertentu, seringkali masalah dana dan fasilitas merupakan masalah yang menjadi penentu penggunaannya. Tidak jarang karena dana tidak tersedia, sesuatu metode yang yang dianggap baik untuk menyajikan suatu materi tidak dapat digunakan. Yang termasuk ke dalam faktor ini antara lain: alat peraga, alat-alat praktek, buku-buku, perpustakaan serta biaya.
6.      Faktor waktu yang tersedia bagi pelaksanaan proses belajar mengajar
Salah satu hambatan yang sering dialami dalam mengajar adalah faktor waktu, karena sering kali seorang guru tidak dapat mengendalikan waktu, sehingga terjadi bahan pelajaran sudah selesai, tetapi waktu masih panjang.Atau sebaliknya, waktu sudah habis tetapi bahan belum tuntas. Hal ini membawa pengaruh terhadap proses belajar mengajar. Oleh karena itu dalam pemilihan metode belajar mengajar, faktor waktu harus diperhatikan. Agar faktor waktu dapat diatur dengan sebaik-baiknya, diperlukan pengendalian waktu yaitu dengan menyusun jadwal dan alokasi waktu. Dalam pengajaran, alokasi waktu berpedoman dengan tujuan. Berapa banyak tujuan yang akan dicapai, serta berapa lama suatu materi dapat dipelajari siswa, seoarang guru dapat membuat perincian waktu yang telah ditetapkan di dalam kurikulum, sehingga proses belajar mengajar dapat sesuai dengan waktu yang di rencanakan.[4]

F.     Teknik Pemilihan Metode Mengajar
Faktor-faktor yang di uraiakan diatas dapat membantu dalam memilih dan menetapkan metode mengajar yang paling tepat yang akan digunakan, sehingga keberhasilan proses belajar mengajar akan terwujud. Metode-metode yang terdapat dalam kurikulum, bukanlah suatu yang baku yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu, disamping melaksanakan metode-metode yang terdapat dalam kurikulum dapat dipergunakan pula metode-metode lain yang mendukung metode-metode tersebut. Guru dituntut untuk memilih dan menggunakan suatu atau beberapa metode yang dipergunakannya dalam menyajikan materi pelajaian.
Adapun alasan penulis memilih metode secara bervariasi antara lain:
1.      Di lihat dan karakteristiknya, bahwa setiap metode itu mempunyai kelebihan dan kelemahannya. Untuk menekan kelemahan-kelemahannya maka sebaiknya metode itu dipadukan.
2.      Dilihat dari materi yang akan disajikan, ada yang cocok dengan menggunakan metode ceramah, metode latihan dan lainnya. Atau bisa dipadukan antara satu metode dengan metode lainnya.
3.      Untuk menghilangkan kebosanan atau kejenuhan dalam diri siswa.
4.      Untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Dalam pelaksanaannya metode-metode tersebut sudah direncanakan dalam satuan pelajanan yang merupakan rencana pengajaran yang akan dilaksanakan.





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
dalam memilih metode pembelajaran, hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu:
(1)   tujuan yang ingin dicapai;
(2)   factor siswa;
(3)   faktor guru;
(4)   faktor dana danfasilitas yang tersedia;
(5)   faktor sifat dan materi yang hendak dicapai; dan
(6)   faktor waktu yang tersedia bagi pelaksanaan proses belajar mengajar. 

B.     Saran
Demikianlah isi pembahasan makalah kami ini, tentunya masih banyak terdapat kesalahan atau kesilapan dalam penuturan maupun dalam penulisan. Oleh karena itu kritikan dan saran sangat kami harapkan demi tercapainya kesempurnaan makalah kami dimasa mendatang. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kami sebagai pemakalah sendiri. aminn













DAFTAR PUSTAKA

Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahas dan Sastra. Surabaya: SIC.




[1] Soetomo. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. (Surabaya: Usaha Nasional. 1993), hal. 21
[2] Ibid.,
[3] Suyatno. Teknik Pembelajaran Bahas dan Sastra. (Surabaya: SIC. 2004), hal. 35
[4] Ibid.,

0 comments

SYARIAT ISLAM

KISAH NABI SULAIMAN A.S-Kisah Tauladan Para Nabi Allah KISAH NABI SULAIMAN A.S Allah s.w.t berfirman: "Dan sesungguhnya Kami...

Ikuti

Powered By Blogger

My Blog List

Translate

Subscribe via email