Makalah

DI
S
U
S
U
N
OLEH :
KELOMPOK 4
NAMA : IKA MAULIANI
:
NURLELA WATI
:
USWATUN HASANAH
SEM/UNIT : VII/I
PRODY : S-1 PAI


KATA PENGANTAR
![]() |
Segala puji bagi Allah swt yang telah memberikan limpahan karunia yang tidak terhingga sehingga penyusunan makalah ini
terselesaikan dengan baik, shalawat dan
salam kepada janjungan alam Nabi besar Muhammad Saw. pembawa risalah Allah swt mengandung pedoman hidup
yang terang bagi umat manusia didunia
dan diakhirat.
Makalah ini mengkaji tentang “Faktor-faktor yang Harus
Diperhatikan dalam Penggunaan Metode Mengajar”. Saya sadar bahwa
penyusun makalah ini sangatlah jauh dari kesempurnaan, maka dari ini saya
sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Mudah-mudahan makalah ini
bermanfaat bagi para pembaca khususnya mahasiswa/i. Semoga juga menjadi amal
yang baik dan diterima disisi Allah SWT. Amiin.
Sigli, 02
November 2015
KELOMPOK 4
DAFTAR ISI
Halaman
KATA
PENGANTAR...................................................................................
i
DAFTAR ISI.................................................................................................. ........ ii
BAB
I : PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A.
Latar
Belakang......................................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah.................................................................................... 1
C.
Tujuan
Pembahasan................................................................................. 2
BAB
II : PEMBAHASAN...................................................................................... 3
A. Pemilihan dan Penentuan Penggunaan Metode....................................... 3
B. Nilai
Strategi Metode.............................................................................. 3
C. Efektivitas
Penggunaan Metode.............................................................. 3
D. Pentingnya
Pemilihan dan Penggunaan Metode..................................... 4
E. Faktor-faktor
Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Metode..................... 4
F. Teknik
Pemilihan Metode Mengajar........................................................ 7
BAB
III : PENUTUP.............................................................................................. 9
A. Kesimpulan.............................................................................................. 9
B. Saran........................................................................................................ 9
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................. 10
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Proses
belajar mengajar merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta
didik dalam suatu kondisi pendidikan atau pengajaran untuk menentukan tujuan
yang ditetapkan. Sehingga perlu adanya kriteria dalam pemilihan metode
pembelajaran yang sesuai. Dengan mengetahui kriteria pemilihan metode pembelajaran
yang tepat maka kita dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan
keadaan. Misal metode yang digunakan dalam strategi pembelajaran yang lebih
berpusat pada guru, yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi.
Setiap metode akan dibahas menurut pengertian dan tujuannya, alasan
penggunaannya, kekuatan dan kelemahannya, cara mengatasi kelemahannya, dan
langkah-langkah pelaksanaannya.
Metode ini
merupakan cara-cara yang ditempuh guru untuk menciptakan suatu kondisi
pembelajaran yang benar-benar menyenangkan dan mendukung bagi kelancaran proes
belajar dan tercapainya belajar anak yang memuaskan. Namun dalam proses belajar
mengajar tidak sembarangan metode yang digunakan. Oleh karena itu dalam makalah
ini kami akan membahas mengenai faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam
penggunaan metode dalam mengajar.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana Pemilihan Dan Penentuan Penggunaan Metode mengajar ?
2. Bagaimana Nilai Strategis Metode mengajar ?
3.
Bagaimana Efektivitas
Penggunaan Metode mengajar ?
4. Apa Pentingnya Pemilihan dan Penentuan Metode mengajar ?
5.
Apa Faktor-faktor Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Metode Mengajar ?
6. Bagaimana Teknik Pemilihan Metode Mengajar ?
C. Tujuan Pembahasan
1. Untuk mengetahui dan memahami Pemilihan Dan Penentuan Penggunaan Metode
2. Untuk mengetahui dan memahami Nilai Strategis Metode
3.
Untuk mengetahui dan
memahami Efektivitas Penggunaan Metode
4. Untuk mengetahui dan memahami Pentingnya Pemilihan dan Penentuan Metode
5.
Untuk mengetahui dan
memahami Faktor-faktor Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Metode Mengajar
6. Untuk mengetahui dan memahami Teknik Pemilihan Metode Mengajar
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pemilihan Dan Penentuan Penggunaan Metode
Metode yang digunakan
guru dalam setiap kali pertemuan kelas telah melalui seleksi yang berkesesuain
dengan perumusan tujuan instruksional khusus. Biasanya guru selalu menggunakan
metode lebih dari satu. Pemakaian metode yang satu digunakan untuk mencapai
tujuan yang lain sesuai dengan kehendak tujuan pengajaran yang telah
dirumuskan. Berikut akan diuraikan masalah mengenai pemilihan dan penentuan
metode mulai dari nilai strategis metode, efektifitas penggunaann metode,
pentingnya pemilihan dan penentuan metode, hingga faktor-faktor yang
mempengaruhi pemilihan metode pengajaran.[1]
B. Nilai Strategis Metode
Pemilihan dan penetuan
metode pembelajaran haruslah memperhatikan nilai strategis metode tersebut.
Nilai strategisnya yakni metode dapat mempengaruhi jalannya kegiatan belajar
mengajar. Hal ini dikarenakan, dalam kegiatan belajar mengajar terjadi
interaksi antara guru dan peserta didik dalam hal transfer ilmu. Apabila dalam
proses mentransfer ilmu guru tidak memperhatikan metode pembelajaran yang
digunakan atau metode yang digunakan kurang tepat, maka guru akan mengalami
kesulitan dalam mentransfer ilmu. Selain itu kelas menjadi tidak kondusif atau
terjadi kejenuhan dalam kegiatan pembelajaran, akhirnya tujuan pembelajaran
tidak tercapai. Oleh karena itu, sebelum guru melaksanakan kegiatan belajar
sebaiknya guru memperhatikan pemilihan dan penentuan metode pembelajaran yang
akan digunakan.
C. Efektivitas Penggunaan Metode
Efektifitas merupakan
kesesuaian, sehingga efektifitas penggunaan metode merupakan kesesuian metode
pembelajaran dengan semua komponen pengajaran yang telah diprogramkan dalam
satuan pembelajran, sebagai persiapan tertulis. Efektifitas penggunaan metode
sangatlah perlu diperhatikan ketika guru hendak memilih dan menentukan metode
pembelajaran, karena jika kita salah dalam memilih dan menetukan metode
pembelajaran, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai.
Misalnya, guru telah mempersiapkan rencana secara detail, dengan tujuan
pembelajaran anak dapat melakukan atau memperagakan tata cara wudhu. Tetapi
ketika di kelas guru menyampaikan materi tersebut menggunakan metode ceramah.
Maka hal tersebut tidaklah sesuai, karena tujuan yang ingin dicapai adalah anak
dapat melakukan tata cara berwudlu. Sehingga seorang guru haruslah
memperhatikan efektifitas penggunaan metode pembelajaran supaya metode tersebut
dapat mendukung pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran.
D. Pentingnya Pemilihan dan Penentuan Metode
Pemilihan dan penentuan
metode pembelajaran sangatlah penting dilakukan oleh seorang guru. Hal ini
dikarenakan tidak semua metode pembelajaran dapat digunakan oleh seorang guru
dalam hal kegiatan belajar mengajar serta mendukung pencapian tujuan
pembelajaran. Apabila guru salah dalam hal memilih dan menentukan metode yang
akan digunakan maka tujuan dari pembelajaran tidak akan tercapai. Misalnya guru
menentukan tujuan pengajaran yaitu supaya anak didik dapat menuliskan sebagian
ayat-ayat dalam surat Al Fatihah atau anak dapat menulis angka dari 1 sampai
40. Untuk mencapai tujuan tersebut guru tidak tepat jika menggunakan metode
diskusi, namun yang tepat jika menggunakan metode latihan.[2]
E. Faktor-faktor Kriteria Pemilihan dan Penggunaan Metode Mengajar
Metode mengajar merupakan syarat mutlak yang harus disertakan dalam proses
belajar mengajar, karena metode mengajar merupakan cara atau proses mencapai
tujuan pengajaran yaitu tujuan yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa dalam
kegiatan belajar.
Setiap guru yang akan menyajikan materi pelajaran kepada anak didiknya,
perlu memahami arti, peranan serta penggunaan metode mengajar, karena metode
yang digunakan itu akan berpengaruh sekali terhadap berhasil tidaknya suatu
tujuan yang akan dicapai tergantung pada penggunaan metode yang
tepat. Dari uraian di atas dikemukakan bahwa setiap metode memiliki
karakteristik tersendiri, oleh karena itu perlu dipilih suatu atau beberapa metode
yang sesuai. Jadi dalam pemilihan tersebut bukanlah salah satu metode yang digunakan
secara permanen, tetapi bervariasi den metode yang tepat sehingga tercapai
proses belajar mengajar yang efektif. Faktor-faktor yang secara umum dijadikan
dasar untuk memilih metode mengajar yang tepat bagi suatu proses
belajar, tujuan yang ingin dicapai.
1. Faktor siswa
2. Faktor guru.
3. Faktor dana dan fasilitas yang tersedia.
4. Faktor sifat dan materi yang hendak disajikan.
Mengenai faktor-faktor yang perlu
dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar adalah sebagai berikut:
1. Tujuan yang ingin dicapai.
Yang dimaksud dengan tujuan yang ingin dicapai
ialah tujuan pengajaran. Tujuan pengajaran merupakan rumusan yang menggambarkan
tentang perubahan tingkah laku apa yang akan diperoleh, siswa sebagai akibat
dan pengajaran. Dalam sistem pengajaran, tujuan harus dapat memberikan gambaran
yang jelas tentang bentuk tingkah laku yang diharapkan dapat dimiliki siswa,
karena itu tujuan harus merupakan suatu rumusan yang bersifat sempit dan
spesifik. Dalam menentukan tujuan yang spesifik, harus diperhatikan tiga unsur
yaitu meliputi aspek kognitif, afektif dan aspek psikomotor. Tujuan yang jelas
dan spesifik akan memberikan pegangan dan petunjuk tentang metode mengajar. Hal
ini sesuai dengan fungsi metode itu sendiri yaitu cara untuk mencapai tujuan.
Dengan demikian jelaslah bahwa dalam pemilihan metode mengajar yang tepat untuk
mencapai tujuan haruslah memperhatikan tujuan yang telah ditetapkan.
2. faktor siswa
Siswa sebagai subjek ajar yang sangat penting
dalam proses belajar mengajar, setiap siswa mempunyai keragaman masing-masing.
Hal ini yang harus
diperhatikan dalam faktor siswa diantaranya usia, latar belakang, potensi-potensinya, kemampuan dan motivasi. Hal tersebut perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar. Disamping itu jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar juga sangat besar pengaruhnya terhadap pemilihan metode mengajar.
diperhatikan dalam faktor siswa diantaranya usia, latar belakang, potensi-potensinya, kemampuan dan motivasi. Hal tersebut perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metode mengajar. Disamping itu jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar juga sangat besar pengaruhnya terhadap pemilihan metode mengajar.
3. Faktor guru
Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai
tugas mendorong, membimbing, dan memberi fasilitas belajar bagi siswa
untuk mencapai keberhasilan pengajaran. Salah satu faktor untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar
mengajar, guru harus dapat menerapkan suatu cara untuk tercapainya tujuan
tersebut. Guru di tuntut untuk dapat menggunakan berbagai metode, baik secara
tunggal maupun bervariasi, dengan berpedoman dengan tujuan yang akan
dicapainya. Setiap metode mengajar mempunyai kebaikan dan kelemahannya. Suatu
metode yang baik bagi seorang guru, belum tentu baik untuk guru yang lain di
dalam menyampaikan suatu materi pelajaran. Untuk menghasilkan metode yang
efektif maka seorang guru harus dapat memahami dan mengerti kebaikan dan
kelemahan dan masing-masing tersebut. Berdasarkan kemampuan guru dalam
menggunakan dan memilih metode mengajar, maka hal ini dapat menunjang
tercapainnya proses belajar mengajar yang efektif.
4. Faktor sifat materi yang akan disampaikan
Isi proses belajar mengajar akan tercermin dalam
bahan yang dipelajari oleh siswa. Hal ini akan berpengaruh terhadap metode
mengajar yang akan dipilih, karena dengan mengetahui sifat materi pelajaran terlebih
dahulu. Menurut E Kusmana (1979:86) karakteristik bahan pelajaran dapat
dikelompokan sebagai berikut: “Materi pelajaran dapat dikelompokkan atas mata
pelajaran Vokasional yaitu mata pelajaran yang membina kecakapan tertentu yang
menjabat suatu jabatan dan mata pelajarannya yang bersifat non vokasional atau
mata pelajaran yang membina pengetahuan umum”. Dengan demikian jelaslah bahwa
dalam memilih metode mengajar itu, haruslah melihat karakteristik dan bahan
mata pelajaran tersebut. Karena metode yang digunakan untuk menyampaikan bahan
pelajaran yang bersifat vokasinal akan berbeda dengan metode yang digunakan
untuk pelajaran yang bersifat non vokasional.
5. Faktor dana dan fasilitas yang tersedia
Dalam menggunakan metode mengajar tertentu,
seringkali masalah dana dan fasilitas merupakan masalah yang menjadi penentu
penggunaannya. Tidak jarang karena dana tidak tersedia, sesuatu metode yang
yang dianggap baik untuk menyajikan suatu materi tidak dapat digunakan. Yang
termasuk ke dalam faktor ini antara lain: alat peraga, alat-alat praktek,
buku-buku, perpustakaan serta biaya.
6. Faktor waktu yang tersedia bagi pelaksanaan proses belajar mengajar
Salah satu hambatan yang sering dialami dalam mengajar adalah faktor waktu,
karena sering kali seorang guru tidak dapat mengendalikan waktu, sehingga
terjadi bahan pelajaran sudah selesai, tetapi waktu masih panjang.Atau
sebaliknya, waktu sudah habis tetapi bahan belum tuntas. Hal ini membawa pengaruh terhadap proses belajar
mengajar. Oleh karena itu dalam pemilihan metode belajar mengajar, faktor waktu
harus diperhatikan. Agar faktor waktu dapat diatur dengan sebaik-baiknya,
diperlukan pengendalian waktu yaitu dengan menyusun jadwal dan alokasi waktu.
Dalam pengajaran, alokasi waktu berpedoman dengan tujuan. Berapa banyak tujuan
yang akan dicapai, serta berapa lama suatu materi dapat dipelajari siswa,
seoarang guru dapat membuat perincian waktu yang telah ditetapkan
di dalam kurikulum, sehingga proses belajar mengajar dapat sesuai dengan waktu
yang di rencanakan.[4]
F. Teknik Pemilihan Metode Mengajar
Faktor-faktor yang di uraiakan diatas dapat membantu dalam memilih dan
menetapkan metode mengajar yang paling tepat yang akan digunakan, sehingga
keberhasilan proses belajar mengajar akan terwujud. Metode-metode yang terdapat dalam kurikulum,
bukanlah suatu yang baku yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu, disamping melaksanakan metode-metode yang terdapat dalam kurikulum dapat
dipergunakan pula metode-metode lain yang mendukung metode-metode tersebut.
Guru dituntut untuk memilih dan menggunakan suatu atau beberapa metode yang
dipergunakannya dalam menyajikan materi pelajaian.
Adapun alasan penulis memilih metode secara
bervariasi antara lain:
1. Di lihat dan karakteristiknya, bahwa setiap metode itu mempunyai kelebihan
dan kelemahannya. Untuk menekan kelemahan-kelemahannya maka sebaiknya metode
itu dipadukan.
2. Dilihat dari materi yang akan disajikan, ada yang cocok dengan menggunakan
metode ceramah, metode latihan dan lainnya. Atau bisa dipadukan antara satu
metode dengan metode lainnya.
3. Untuk menghilangkan kebosanan atau kejenuhan dalam diri siswa.
4. Untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Dalam pelaksanaannya metode-metode
tersebut sudah direncanakan dalam satuan pelajanan yang merupakan rencana
pengajaran yang akan dilaksanakan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
dalam memilih metode pembelajaran, hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu:
(1) tujuan yang ingin dicapai;
(2) factor siswa;
(3) faktor guru;
(4) faktor dana danfasilitas yang tersedia;
(5) faktor sifat dan materi yang hendak dicapai; dan
(6) faktor waktu yang tersedia bagi pelaksanaan proses belajar mengajar.
B. Saran
Demikianlah isi pembahasan makalah kami ini, tentunya masih banyak terdapat
kesalahan atau kesilapan dalam penuturan maupun dalam penulisan. Oleh karena
itu kritikan dan saran sangat kami harapkan demi tercapainya kesempurnaan
makalah kami dimasa mendatang. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua
khususnya bagi kami sebagai pemakalah sendiri. aminn
DAFTAR PUSTAKA
Soetomo. 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya:
Usaha Nasional.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahas dan Sastra. Surabaya: SIC.
0 comments