BAB IV
HASIL-HASIL PENELITIAN



A.    Deskriptif Lokasi penelitian

1.      Sejarah Madrasah
MTsN Batee merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Agama yang bernaung di bawah Kemenag. Sebelum MTsN Batee dinegerikan, MTsN Batee berstatus swasta sebagai MTsS Batee.
            MTsN Batee ketika masih berstatus swasta didirikan pada tahun 1985. Awalnya MTsN Batee dirintis oleh Abdullah Daud yang menjabat sebagai kepala madrasah, dan Abdurrasyid menjabat sebagai wakil madrasah. Pada tanggal 12 Maret 1996 MTsS Batee diusulkan menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) atas prakarsa dan kerja sama antara panitia MTsS Batee Bapak Abdullah Ahmad B.A.
Selama pendirian MTsN Batee telah dijabat oleh 8 (delapan) orang kepala yaitu : Bapak Drs. Abdullah Ahmad (1985-2000), Bapak Drs Abdurrasyid (2000-2001), Bapak Drs. Zaman Huri Idris (2001-2007), Ibu Dra. Hj. Hasnidar (2007 - 2008), Bapak Drs. Muhammad (2008 - 2012), Bapak Gupron S.Ag. (2012 - 2013), Bapak Drs. Mufizar (2013 - 2014) dan Bapak Aiyub S.Ag (2014 – sekarang).
MTsN Batee didirikan di atas lahan seluas 5.112.25 M2 dengan status pembelian dari masyarakat atas nama Abubakar Abdullah pada tahun 1986 dengan harga Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah).
Saat ini MTsN Batee telah mengalami peningkatan, baik dari sarana, tenaga pengajaran dan dari segi kualitas siswa yang dihasilkan. Adapun batas-batas madrasah ini adalah sebagai berikut:
-Sebelah Utara berbatasan dengan kebun masyarakat
-Sebelah Selatan berbatasan dengan sawah
-Sebelah Barat berbatasan dengan kebun masyarakat
-Sebelah Timur berbatasan dengan Kapolsek Kecamatan Pidie.[1]
  1. Keadaan Guru
            Guru merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran guna membangkitkan minat dan kreativitas siswa sekaligus dapat membentuk kepribadian siswa menjadi lebih baik menurut tingkat keberhasilan yang mereka peroleh dalam pembelajaran. Adapun jumlah guru yang mengajar pada MTsN Batee sesuai dengan jenjang pendidikan, dapat dilihat dalam tabel di bawah ini:
Tabel 4.1 Keadaan guru MTsN Batee Tahun Ajaran 2014/2015
No.    Nama                          Jabatan             Pendidikan                Bidang Studi
1    Aiyub, S.Ag                    Kamad             S1 PAI                         PAI
2    Drs. Agusmar                   Wakil              S1 Syariah                    B. Arab
3    Wardah, S.Ag                    GT                S1 IPA                                     Biologi
  4     Nurhayati, S.Ag                GT                S1 IPS                         IPS
  5    Suryani, S.Ag                     GT                S1 B. Inggris                B.Inggris
  6    Mala Intan, S.Pd.I            GT                S1 PAI                                    B.Indonesia
  7    Muzakkir, S.Ag                  GT                S1 IPA                                    PKN
  8    Nursakdah, S.Ag                           GT                S1 B.Arab                    B.Arab
  9    Yanti, S.Ag                        GT                S1 Syariah                   Fiqih
  10  M. Junaidi, S.Pd.I              GT                S1 Syariah                    A. Akhlak
  11  Samsul Bahri, S.Pd.I          GT                S1 B.Arab                    B.Arab
  12  Ratna Sari, S.Pd.I              GT                S1 PAI                                    SKI
  13  Darmawati, S,Pd                GT                S1 Matematika            Matematika
  14  Fatarani, S.Pd                   GTT               S1 Kimia                     Fisika
  15  Herawati, S.Pd                  GTT              S1 Matematika            Matematika
  16  Yulita, S.Pd.I                   GTT              S1 PAI                                    SKI
  17  Taufik, S.Pd                      GTT               S1 Fisika                     TIK
  18  Sakdiah, S.Pd                   GTT               S1Matematika             Matematika 
  19  Marianti, S.Pd                   GTT               S1 B.Inggris                 B.Inggris
  20  Nurlaila, S.Pd.I                 GTT               S1 PAI                                     Mulok
  21  Maulina, S.Pd                   GTT               S1 Fisika                     B.Indonesia
  22  Masudin, S.Pd                  GTT               S1 Matematika            Matematika
  23  Rosmiyati, S.Pd.I              GTT               S1 PAI                                     Q. Hadits
  24  Aisyah, S.Pd                     GTT               S1 B.Indonesia           B.Indonesia
  25  Syamsidar, S.Pd.I             GTT               S1 PAI                                    Q. Hadits
  26  Ardi, S.Pd                         GTT               S1 Penjas                      Penjaskes
  27  Fauzan, S.Pd                     GTT               S1 B.Inggris                 B.Inggris
Sumber Data: Dokumentasi MTsN Batee Tahun 2014/2015
            Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa guru MTsN Batee yang berstatus sebagai guru tetap berjumlah 12 orang, selebihnya masih berstatus sebagai guru tidak tetap. Guru di MTsN semuanya telah menyandang gelar S1 sehingga telah memiliki kompetensi yang mapan dalam proses pembelajaran.
  1. Keadaan Siswa
            Keadaan siswa MTsN Batee pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 311 siswa dengan perincian 138 laik-laki dan 173 perempuan. Semua siswa tersebut dialokasikan dalam ke dalam 9 ruang kelas.”[2] Untuk lebih jelasnya tentang keadaan siswa pada MTsN Batee dapat kita lihat pada tabel keadaan siswa berikut ini:
Tabel 4.2 Keadaan Siswa pada MTsN Batee Tahun Ajaran 2014/2015
    Kelas          Jumlah Kelas           Laki-laki             Perempuan               Jumlah
    VII                     3                            44                          60                         104
    VIII                   3                             51                          49                        100
    IX                      3                             43                          64                        107
   Jumlah                   9                           138                         173                     311
Sumber Data : Dokumentasi MTsN Batee  Tahun 2014/2015
            Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa siswa pada MTsN Batee berjumlah 311 orang yang terdiri dari kelas I berjumlah 104 orang, 44 laki-laki dan 60 orang perempuan, kelas II berjumlah 100 orang, 51 dan 49 perempuan, sedangkan kelas III berjumlah 107 orang, 43 laki-laki dan 64 perempuan.
  1. Keadaan Sarana dan Prasarana
            Sarana dan prasarana mempunyai peran yang sangat penting dalam rangka menunjang aktivitas pembelajaran. Karena dengan adanya sarana yang memadai maka proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik dan siswa akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan.
Tabel 4.3 Sarana dan prasarana di MTsN Batee Tahun Ajaran 2014/2015
No.    Jenis sarana                                        Jumlah                          Keadaan
1.     Kantor kepala                                         1                                   Baik
2.     Ruang guru                                             1                                   Baik                                             
3.     Ruang belajar                                          9                                  Baik
4.     Ruang perpustakaan                               1                                   Baik
5.     Ruang TU                                               1                                   Baik
6.     Lapangan Volly                                      1                                   Baik                                       
7.     Ruang computer                                     1                                   Baik
8.     WC Guru                                                2                                   Baik
9.     WC murid                                               2                                   Baik
10.   Mesin sanyo                                            1                                  Baik
11.   Gudang                                                   1                                   Baik
12.   Laboratorium bahasa                              1                                   Baik
13.   TV                                                           1                                   Baik
14.   Computer TU                                          3                                   Baik
15.   TIP rekorder                                            2                                   Baik 
16.   Tempat air/gallon tekan                          1                                   Baik
17.   Mic/ampli                                               1                                    Baik
18.   Kursi plastik hijau                                  15                                  Baik
19.   Kursi nekel putaran                                 3                                   Baik
20.   Globe                                                       1                                   Baik
21.   Mesin ketik                                              1                                   Baik
23.   Filing                                                       2                                   Baik
24.   Meja                                                        27                                 Baik
25.   Kursi                                                       50                                 Baik
26.   Computer siswa                                       4                                  Baik
27.   Printer                                                      2                                  Baik
28.   Computer                                                 3                                  Baik
29.   Proyektor                                                 2                                  Baik
30.   Sound                                                      1                                  Baik                         
Sumber Data : Dokumentasi MTsN Batee  Tahun 2014/2015
            Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa kondisi fisik gedung sekolah cukup baik dan fasilitas-fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar dan administrasi sekolah sudah cukup memadai, dan segi lingkungannya juga sudah mendukung untuk menyelenggarakan suatu kegiatan/aktivitas pendidikan.
  1. Kurikulum di MTsN Batee
            Kurikulum merupakan salah satu penunjuk arah dalam melaksanakan proses pembelajaran. Oleh karena itu, kurikulum harus mampu membentuk karakter siswa ke arah yang lebih baik. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa “kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 atau yang disebut dengan kurikulum berkarakter”.[3]
            Berdasarkan uraian di atas  maka dapat dikatakan bahwa dalam proses belajar mengajar guru MTsN Batee sudah mulai menerapkan kurikulum 2013 atau kurikulum berkarakter. Jadi dapat disimpulkan bahwa  dalam proses belajar mengajar SKI menggunakan kurikulum 2013 atau kurikulum berkarakter.
            Proses belajar mengajar di MTsN Batee berlangsung dengan lancar dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk memulai kegiatan belajar mengajar pada jam 08:00 siswa diwajibkan sudah berada di dalam ruang kelas, sedangkan berakhirnya proses belajar mengajar pada jam 01:30.

B. Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran SKI di MTsN Batee
            Dalam proses pembelajaran sangat membutuhkan metode yang akan digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Metode adalah suatu cara atau alat yang digunakan guru dalam menyampaikan materi, sehingga metode yang digunakan harus mampu menjadikan proses belajar mengajar berjalan lancar. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala Madrasah MTsN Batee bahwa “Guru SKI pernah menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran”.[4] Begitu pula hasil wawancara dengan salah seorang guru SKI di MTsN Batee diketahui bahwa “Guru MTsN Batee pernah menerapkan metode diskusi untuk membangkitkan minat dan semangat siswa dalam belajar”.[5]
            Selanjutnya untuk mengetahui pernah atau tidaknya guru menggunakan metode diskusi dalam belajar, maka dapat dilihat dari tabel berikut:
Tabel 4.4 Pernah tidaknya guru SKI menerapkan metode diskusi
No.      Alternatif Jawaban                           F                                          %
a.      Pernah                                                 28                                        90,32
b.      Tidak Pernah                                        -                                            -
c.      Kadang-kadang                                   3                                         9,67
d.      .........                                                   -                                             -
         Jumlah                                                31                                        100

            Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa siswa yang mengatakan guru pernah menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI di MTsN Batee sebanyak 90,32 % atau 28 siswa,  tidak ada seorang pun responden yang menjawab tidak pernah dan yang mengatakan kadang-kadang hanya 9,7% atau 3 siswa.
            Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan jawaban dari responden, dapat penulis simpulkan bahwa guru bidang studi di MTsN Batee pernah menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI. Hal ini disebabkan karena dengan menerapkan metode tersebut, maka akan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.
            Mengenai lancar atau tidaknya penerapan suatu metode dalam pembelajaran sangat bergantung kepada guru, begitu pula penerapan metode diskusi dalam pembelajaran SKI. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan salah seorang guru bidang studi bahwa ”Diskusinya kurang lancar, dikarenakan ada sebagian yang siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat mereka, padahal mereka memahami apa yang ingin mereka katakan, sehingga di sinilah terdapat kelemahannya”.[6]
            Senada dengan penjelasan di atas, maka dapat kita lihat kelanjutannya pada tabel di bawah ini:
Tabel 4.5 Lancar atau tidaknya penerapan metode diskusi dalam pembelajaran                                   SKI

No.      Alternatif Jawaban                             F                                           %
a.       Lancar                                                  14                                          45
b.       Tidak lancar                                          -                                             -
c.       Kurang lancar                                      17                                          55
d.       ...................                                          -                                             -                                                         
         Jumlah                                                  31                                         100
           
            Dari variasi jawaban yang terdapat pada tabel di atas dapat kita lihat bahwa ada 14 siswa yang memberikan jawaban lancar atau sebanyak 45%, tidak ada responden yang menjawab tidak lancar, sedangkan yang menjawab kurang lancar 17 orang siswa atau sebanyak 55%.
            Dari uraian di atas dapat penulis simpulkan bahwa siswa yang menjawab kurang lancar mendominasi dibandingkan dengan siswa yang memberikan jawaban yang lain. Hal ini disebabkan karena kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat mereka.
            Untuk menerapkan metode dalam pembelajaran perlu adanya langkah-langkah tersendiri agar proses belajar mengajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala Madrasah bahwa “Guru SKI menempuh beberapa langkah dalam menerapkan metode diskusi, seperti membentuk kelompok, memberi kesempatan bertanya, menjawab dan memberikan tanggapan dengan bimbingan guru yang bersangkutan”.[7] Begitu pula hasil wawancara penulis dengan salah seorang guru SKI mengatakan  bahwa ”langkah-langkah yang ditempuh dalam menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI adalah membentuk kelompok kecil dengan memilih anggota secara acak, memberi kesempatan bertanya, menjawab dan memberi tanggapan secara bergilir dengan teknik melempar bola kertas”.[8]
            Berdasarkan hasil wawancara di atas bahwa dalam menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI dengan guru menggunakan langkah-langkah yang dapat menunjang keberhasilan dalam diskusi. Seperti membentuk kelompok kecil dengan memilih anggota secara acak, memberi kesempatan bertanya, menjawab dan memberi tanggapan secara bergilir dengan teknik melempar bola kertas.
            Sejalan dengan penjelasan di atas maka dapat kita lihat pada tabel di bawah ini mengenai langkah-langkah yang ditempuh guru dalam menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI.
Tabel 4.6 Langkah-langkah yang digunakan guru dalam penerapan metode diskusi
No.     Alternatif Jawaban                                F                                         %
a.     Membentuk kelompok                             21                                      67,7
b.     Memberi tanggapan                                  7                                       22,6
c.     Menyimpulkan materi                               3                                        9,7
d.     .................                                                 -                                          -
        Jumlah                                                      31                                      100

            Berdasarkan tabel di atas bahwa langkah-langkah yang diterapkan guru dalam penerapan metode diskusi kita lihat dari persentase siswa yang menyatakan membentuk kelompok sebanyak 67,7% atau 21 orang, siswa yang mengatakan memberi tanggapan 22,6% atau 7 orang, sedangkan siswa yang menjawab menyimpulkan materi hanya 9,7% atau 3 orang.
            Dapat disimpulkan bahwa langkah awal dalam menerapkan metode diskusi adalah membentuk kelompok. Langkah tersebut merupakan hal yang dominan dilakukan guru agar metode diskusi dapat berjalan dengan baik di dalam kelas. Adapun tiap kelompok yang dibentuk harus otoritas guru yaitu memilih siswa secara acak, dalam arti bukan siswa yang memilih rekan diskusinya, melainkan guru yang bersangkutan.
            Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap menerapkan metode dalam pembelajaran, tentu adanya kendala-kendala tersendiri, tidak terkecuali dengan penerapan metode diskusi dalam pembelajaran SKI. Hal ini terjadi karena proses penyesuaian metode dengan kondisi siswa yang masih belum begitu mengerti tentang jalannya metode diskusi, maka di sinilah tugas bagi seorang guru untuk menjelaskan kepada siswa tentang materi yang bersangkutan dengan cara  berdiskusi, supaya siswa benar-benar memahami tentang materi yang diajarkan.
            Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru bidang studi SKI, bahwa “Adanya kendala-kendala dalam menerapkan metode diskusi, seperti kurangnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat mereka, minat siswa kurang karena sebahagian dari mereka lebih suka menulis. Hal ini disebabkan karena kurangnya komunikasi siswa dengan guru, sehingga interaksi dalam pembelajaran hanya dikuasai oleh sebahagian siswa yang pandai berbicara.[9]
            Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ada tidaknya kendala yang dialami guru dalam menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI dapat kita lihat pada tabel berikut:
Tabel 4.7  Kendala yang dialami guru SKI dalam menerapkan metode diskusi
No.     Alternatif Jawaban                             F                                            %
a.        Ada                                                    14                                          45,5
b.        Tidak ada                                           10                                          32
c.        Kadang-kadang                                  7                                           22,5
d.        ...............                                             -                                             -
            Jumlah                                               31                                         100
            Tabel di atas memperlihatkan tentang kendala yang dialami guru SKI dalam menerapkan metode diskusi. Adapun responden yang menjawab ada sebesar 45,5% atau 14 orang siswa, yang menjawab tidak ada sebanyak 32% atau 10 orang siswa, sadangkan yang menjawab kadang-kadang hanya 7 orang siswa atau 22,5% saja. Dapat disimpulkan bahwa adanya kendala yang dialami guru saat menarapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI.
            Setiap adanya kendala yang timbul dalam proses pembelajaran tentu ada-
nya upaya yang ditempuh guru untuk meminimalisirkan gangguan-gangguan saat metode diskusi diterapkan dalam pembelajaran SKI. Menurut hasil wawancara penulis dengan guru yang bersangkutan “Upaya yang dapat ditempuh adalah membimbing dan mengarahkan secara khusus terhadap siswa yang mengalami kesulitan mengemukakan pendapatnya, ataupun siswa yang kurang keberaniannya dalam memberi tanggapan”[10]. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Tabel 4.8 Upaya yang ditempuh guru untuk mengatasi kendala yang timbul
No.     Alternatif Jawaban                            F                                             %
a.       Membimbing siswa                            25                                          80,6              
b.       Memotivasi siswa                               6                                            19,4
c.       Memberi hukuman                              -                                               -
d.       ................                                            -                                               -
           Jumlah                                               31                                           100

            Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui bahwa 80,6% responden atau sebanyak 25 orang siswa menjawab membimbing siswa dan 19,4% responden atau 6 orang siswa menjawab memotivasi siswa, sedangkan yang menjawab memberi hukuman tidak ada.
            Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru bidang studi SKI menempuh beberapa upaya, agar semua siswa dapat memahami pelajaran dengan mudah dan di antara upaya yang paling dominan ditempuh guru adalah dengan cara membimbing siswa.

C.   Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Siswa di                                                                                               MTsN Batee

            Untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan kondusif, guru harus menerapkan berbagai metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan mengamati kondisi siswa terlebih dahulu agar memungkinkan untuk menerapkan suatu metode, khususnya metode diskusi dalam pembelajaran SKI. Hal ini sangat bergantung kepada kompetensi guru dalam menguasai beragam metode supaya mudah diterapkan dalam pembelajaran dan dapat diserap oleh siswa dengan baik.
            Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru bidang studi, bahwa “Dari sekian banyak metode yang diterapkan dalam pembelajaran SKI, metode diskusi yang paling disenangi siswa, karena ketika memberi kesempatan bertanya dan menjawab dengan teknik menukar kartu antar kelompok. Jadi dengan cara demikian minat siswa dalam belajar semakin meningkat”.[11] Untuk membuktikannya lebih lanjut dapat dilihat pada tabel berikut:


Tabel 4.9 Metode yang paling disenangi siswa
No.    Alternatif Jawaban                             F                                              %
a.      Diskusi                                                23                                           74,1
b.      Ceramah                                              6                                            19,4                         
c.      Sosiodrama                                          2                                             6,5
d.     ................                                             -                                                -
          Jumlah                                               31                                           100

            Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa responden yang menjawab senang dengan metode diskusi sebanyak 74,1% atau 23 orang siswa. Responden yang senang dengan metode ceramah sebanyak 19,4% atau 6 orang siswa, sedangkan responden yang menjawab sosiodrama hanya 6,5% atau 2 orang siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode yang paling disenangi siswa dalam pembelajaran SKI adalah metode diskusi.
            Setiap metode yang diterapkan tentu membawa dampak atau pengaruh terhadap siswa dalam pembelajaran, salah satunya dalam penerapan metode diskusi dalam pembelajaran SKI. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan kepala Madrasah bahwa “Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran SKI memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap hasil belajar siswa”.[12] “Adanya pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar mereka meningkatkan dibanding dengan yang sebelumnya.”[13] Selanjutnya dapat kita lihat pada tabel berikut ini:


Tabel 4.10 Pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa
No.     Alternatif Jawaban                               F                                           %                            
a.      Materinya mudah dipahami                   22                                          71
b.      Menimbulkan minat belajar                   6                                           19
c.      Membangkitkan motivasi belajar           3                                           10
d.      ..................                                             -                                              -
          Jumlah                                                  31                                         100

            Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa persentase responden yang menjawab materinya mudah dipahami sebanyak 71% atau 22 orang siswa, yang menjawab menimbulkan minat belajar 19% atau 6 orang siswa dan yang memberi jawaban membangkitkan motivasi belajar hanya 10% atau 3 orang siswa.
            Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan metode diskusi dalam pembelajaran SKI, yaitu materinya mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
            Di antara tujuan guru menerapkan metode dalam pembelajaran adalah untuk menunjang keaktifan siswa dalam pembelajaran, begitu pula dengan metode diskusi yang diterapkan dalam pembelajaran SKI. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru bidang studi “Ketika menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI ada siswa yang aktif dan ada pula yang tidak aktif, dikarenakan
kurangnya kemampuan verbal dan keberanian siswa dalam mengemukakan  pendapat mereka”.[14] Untuk lebih jelas dapat kita buktikan pada tabel berikut ini:
Tabel 4.11 Aktif tidaknya siswa dalam penerapan metode diskusi
No.     Alternatif Jawaban                            F                                             %
a.      Aktif                                                   19                                            61
b.      Tidak aktif                                           8                                             26
c.      Kadang-kadang                                   4                                             13
d.      ................                                            -                                               -
         Jumlah                                                31                                           100                   
            Dari tabel di atas dapat kita lihat bahwa jumlah siswa yang menjawab aktif sebanyak 61% atau 19 orang siswa, yang menjawab tidak aktif 26% atau 8 orang siswa dan yang menjawab kadang-kadang sebanyak 13% atau 4 orang siswa. Jadi dapat disimpulkan di sini sebagian besar siswa aktif ketika guru menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran SKI.
            Agar terciptanya suasana belajar yang efektif, tentu adanya hal-hal yang perlu diperhatikan oleh guru yang bersangkutan dalam penerapan metode, seperti halnya memberikan berbagai macam motivasi supaya minat belajar siswa meningkat dan proses pembelajaran tidak membosankan. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan guru bidang studi bahwa “ Setiap kali belajar selalu di berikan berbagai macam motivasi, jika tidak siswa akan merasa bosan dan merasa tidak senang dengan materi yang sedang dipelajari”.[15] Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut dapat kita simak pada tabel berikut ini:
Tabel 4.12 Ada tidaknya guru memberikan motivasi terhadap siswa
No.    Alternatif Jawaban                               F                                           %
a.       Ada                                                      26                                          84
b.      Tidak ada                                               -                                             -
c.      Kadang-kadang                                     5                                           16
d.     ...................                                             -                                             -
         Jumlah                                                  31                                         100

            Berdasarkan opsi jawaban yang terdapat pada tabel di atas, maka dapat kita lihat bahwa jumlah yang menjawab ada sebanyak 84% atau sebanyak 26 siswa, tidak ada seorang pun responden yang menjawab tidak ada dan yang menjawab kadang-kadang hanya 16% atau sebanyak 5 orang siswa.
            Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa jumlah siswa yang memberikan jawaban ada lebih mendominasi dari pada siswa yang memberikan jawaban yang lain. Hal ini disebabkan karena adanya motivasi yang diberikan guru kepada siswa setiap kali terjadinya proses pembelajaran.
            Di samping menerapkan metode dalam pembelajaran, seorang guru juga sangat berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru SKI bahwa “Penerapan metode diskusi dalam pembelajaran SKI dapat memudahkan siswa memahami materi dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar mereka”.[16]
            Untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar SKI melalui penerapan metode diskusi dapat kita lihat pada tabel berikut ini:
Tabel 4.13 Meningkat tidaknya hasil belajar siswa melalui metode diskusi
No.    Alternatif Jawaban                                 F                                         %
a.       Meningkat                                             28                                         90
b.       Tidak meningkat                                    -                                            -
c.       Sangat meningkat                                  3                                           10                      
d.       ...................                                           -                                             -
           Jumlah                                                 31                                         100

            Berdasarkan tabel di atas dapat kita ketahui bahwa penerapan metode diskusi dalam pembelajaran SKI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan jawaban responden yang menjawab meningkat sebanyak 90% atau 28 orang siswa, tidak ada seorang pun responden yang menjawab tidak meningkat dan yang menjawab sangat meningkat sebanyak 10% atau 3 orang siswa.
            Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa jumlah siswa yang menjawab meningkat hasil belajarnya lebih mendominasi dibandingkan yang memberi jawaban lainnya. Hal ini disebabkan karena guru berupaya sebaik mungkin agar siswa mudah dalam memahami materi sehingga hasil belajar siswa meningkat.

D.   Analisis Data dan Pembuktian Hipotesis

  1. Analisis data
            Berdasarkan data yang telah diuraikan di atas, maka penulis akan menganalisa data tersebut. Data di lapangan terdiri dari hasil wawancara, observasi dan angket, semua data tersebut dikumpulkan. Data observasi dan angket, setelah disimpulkan lalu ditabulasi. Dari hasil tabulasi tersebut dapat diketahui persentase untuk masing-masing item jawaban yang dipilih oleh responden.
            Kemudian semua bentuk data tersebut dikumpulkan, sehingga dapat diambil kesimpulannya, kesimpulan inilah yang ditulis kembali dengan hipotesis yang dirumuskan dalam bab I di atas, sehingga menyebabkan adanya hipotesis yang kemungkinan dapat diterima dan kemungkinan pula harus ditolak.
            Berdasarkan hasil wawancara bahwa guru bidang studi SKI di MTsN Batee pernah menerapkan metode diskusi tetapi masih terdapat kendala-kendala tertentu. Hal ini sesuai dengan tabel 4.6, dan penerapan metode ini juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Dari pengolahan data angket dapat disimpulkan bahwa metode diskusi pernah diterapkan guru, namun penerapannya masih terdapat kendala-kendala akan tetapi guru melakukan beberapa upaya agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2.   Pembuktian hipotesis
            Setelah melakukan penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan untuk menentukan diterima atau ditolaknya hipotesis yang pernah dikemukakan pada bab pendahuluan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya mari meninjau kembali hipotesis tersebut:
  1. Hipotesis Pertama
            Hipotesis pertama yang berbunyi “Guru telah menerapkan metode diskusi dalam Pembelajaran SKI tetapi belum berjalan secara optimal disebabkan kurangnya motivasi guru dan siswa.” Hipotesis ini ditolak kebenarannya karena menurut hasil penelitian guru selalu memberikan motivasi kepada siswa dan ini terbukti pada tabel 4.4, 4.5, 4.6, 4.7, dan 4.8
  1. Hipotesis Kedua
            Hipotesis kedua yang berbunyi ”Salah satu yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah adalah ketidak mampuan guru dalam menerapkan metode diskusi dengan baik.” hipotesis ini tertolak kebenarannya karena ketika adanya kendala yang timbul dalam penerapan metode tersebut guru menempuh beberapa upaya atau alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan terbukti pada tabel 4.9, 4.10, 4.11, 4.12, dan 4.13.






                [1] Hasil Observasi dan Wawancara Penulis dengan Kepala MTsN Batee (Aiyub, S.Ag), pada tanggal 3 Agustus 2014.
                [2] Hasil Observasi dan Wawancara Penulis dengan Kepala MTsN Batee (Aiyub, S.Ag), pada tanggal 3 Agustus 2014.
                [3] Hasil Observasi dan Wawancara Penulis dengan Kepala MTsN Batee (Aiyub, S.Ag), pada tanggal 3 Agustus 2014.
 [4] Hasil wawancara penulis dengan Kepala MTsN Batee (Aiyub, S.Ag), pada tanggal 4 Agustus 2014.
                [5] Hasil wawancara penulis dengan Guru SKI di MTsN Batee, (Ratna Sari, S.Pd.I) pada tanggal  4 Agustus 2014
                [6] Hasil wawancara penulis dengan Guru SKI di MTsN Batee, (Yulita, S.Pd.I) pada tanggal 4 Agustus 2014
[7] Hasil wawancara penulis dengan Kepala MTsN Batee (Aiyub, S.Ag), pada tanggal 3 Agustus 2014
                [8] Hasil wawancara penulis dengan Guru SKI di MTsN Batee, (Ratna Sari, S.Pd.I) pada tanggal 5 Agustus 2014
                [9] Hasil wawancara dengan Guru SKI di MTsN Batee, (Ratna Sari, S.Pd.I) pada tanggal 5 Agustus 2014
                [10] Hasil wawancara dengan Guru SKI pada MTsN Batee, (Yulita, S.Pd.I) pada tanggal 5 Agustus 2014
                [11] Hasil wawancara dengan Guru SKI pada MTsN Batee, (Ratna Sari, S.Pd.I) pada tanggal 6 Agustus 2014
[12]  Hasil wawancara penulis dengan Kepala MTsN Batee (Aiyub, S.Ag), pada tanggal 3 Agustus 2014
                [13] Hasil wawancara dengan Guru SKI pada MTsN Batee, (Yulita, S.Pd.I) pada tanggal 6 Agustus 2014
                [14] Hasil wawancara penulis dengan Guru SKI di MTsN Batee, (Ratna Sari, S.Pd.I) pada tanggal 7 Agustus 2014
                [15] Hasil wawancara penulis dengan Guru SKI di MTsN Batee, (Yulita, S.Pd.I) pada tanggal 7 Agustus 2014
                [16] Hasil wawancara penulis dengan Guru SKI di MTsN Batee, (Yulita, S.Pd.I) pada tanggal 7 Agustus 2014

0 comments

SYARIAT ISLAM

KISAH NABI SULAIMAN A.S-Kisah Tauladan Para Nabi Allah KISAH NABI SULAIMAN A.S Allah s.w.t berfirman: "Dan sesungguhnya Kami...

Ikuti

Powered By Blogger

My Blog List

Translate

Subscribe via email